PROFIL LITERASI DIGITAL MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS STKIP BUDIDAYA PADA MATA KULIAH ILMU ALAMIAH DASAR
Abstract
Ilmu Alamiah Dasar adalah salah satu mata kuliah umum di prodi selain MIPA, dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi digital yang baik karena ruang lingkup materi pada mata kuliah ini mencakup tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat literasi digital mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris di STKIP Budidaya Binjai pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan yaitu seluruh mahasiswa semester dua prodi pendidikan Bahasa Inggris tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 30 mahasiswa . Teknik pengumpulan data menggunakan angket literasi digital yang terdiri dari 8 aspek indikator literasi digital yang dihubungkan dengan materi IPTEK pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Angket diberikan kepada mahasiswa setelah selesai pembelajaran materi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung tingkat capaian responden (TCR) dan diperoleh hasil penelitian tingkat literasi digital mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase rata – rata untuk keseluruhan aspek literasi digital yitu senilai 45,5%. Dimana aspek literasi digital tertinggi diperoleh pada aspek Creativity sebesar 54,5% dengan kategori sedang dan terendah pada aspek Cultural and Social Understanding sebesar 35%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Antika, R. N., & Marpaung, R. R. T. (2023). Profil Literasi Sains dan Literasi Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. 12(1). 59-68
Dinata, K. B. (2021a). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.2499
Dinata, K. B. (2021b). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368
Ferdiana,S. & Aina, Q. (2020). Priofil Literasi Sains Digital Mahasiswa di Era Pandemi. Indonesian Journal of Science Learning, 1(2), 67–75.
Galuh Rahayuni. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model Pbm Dan Stm. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.
Murdy, K., & Putri, A. N. (2020). Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa STKIP ‘Aisyiyah Riau. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(1), 71. https://doi.org/10.24036/011084550
Paraniti,A.A., Arjaya,I.B., & Setiawati, G.A. (2021). Profil Literasi Digital Guru IPA sekota Denpasar. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 24–31.
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795
Rodin, R., & Nurrizqi, A. D. (2020). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang. Pustakaloka, 12(1), 72–89. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i1.1935
Sanimah & Sri Wahyuni. (2022). Peranan Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Terhadap Literasi Digital Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Budidaya Binjai yang diajarkan dengan Blended Learning. Jurnal Bioshell, 11(2), 68–77.
Sholihah, Maratus. (2023). Profil Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru di Universitas Islam Balitar. Jurnal Kontruktivisme. 14(2), 180–186. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i2.1892
Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022). Implementasi Literasi Digital Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 942–950. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3447
Widyasari, R. (2018). Bahan Ajar Ilmu Alamiah Dasar pada Program Studi Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Teori dan Pengembangan. 3(7). 882–886.
Wilyasari (2009). Integrasi imtaq dan iptek dalam mata kuliah ilmu kealaman dasar (ikd/ iad).Jurnal Ta'dib. 12(2). 162–173.
Yanti, N., Mulyati, Y., Dadang Sunendar, ;, & Damaianti, V. (2021). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Indonesia. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 59–71. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.22391