PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI PERPINDAHAN PANAS PADA SISWA KELAS V SDN SUKUN 1 KOTA MALANG

Agustina Miftachul Ulfa
Dyah Triwahyuningtyas
Yayuk Hinaning Utami


DOI: https://doi.org/10.29100/.v5i2.4125

Abstract


Permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri Sukun 1 Malang, hal yang menjadi hambatan dalam pembelajaran IPA yaitu pada materi perpindahan panas. Hal ini disebabkan antusias siswa dalam belajar masih rendah dan pelaksanaan pembelajaran belum menggunakan model yang bervariasi sehingga menyebabkan keberminatan belajar siswa menjadi rendah sehingga hasil belajarnya juga belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum. Metode penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sukun 1 dengan jumlah 27 siswa. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ada empat tahapan meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi.
Hasil data penelitian menunjukkan perolehan nilai hasil belajar siswa aspek kognitif mengalami peningkatan setap pertemuan. Pada siklus I mendapatkan rata-rata 73, siklus II dengan rata-rata 79,2, dan siklus III mendapatkan rata-rata 89,5. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus III yaitu sebesar 16,5. Sementara untuk KBK juga terjadi peningkatan. Pada siklus I mendapatkan KBK 37%, siklus II KBK 59,2 %, dan siklus III KBK sebesar 100%. Artinya, pada siklus ke III ketuntasan siswa belajar dalam memenuhi kriteria ketuntasan minimum adalah semua siswa berhasil mencapai KKM. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model problem based learning berbantuan media konkrit meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.


Keywords


problem based learning; hasil belajar siswa

Article Metrics :

References


Aqib, Aisyah. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Aqib, Zainal & Amirullah, A. (2018).

Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Daryanti, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2), 163–168.

Dwisa, S. O. M., Maryono, & Sholeh, M. (2022). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Kelas V SDN 078 /I Teluk Ketapang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1036–1045.

Hisbullah. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar.Makassar: Penerbit Aksara Timur.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878