PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS 5E BERBANTUAN APLIKASI SOLAR SYSTEM SCOPE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Lailya Ika Ardiya
Noly Shofiyah


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v5i1.3480

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran siklus berbantuan aplikasi solar system scope dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran siklus 5E berbantuan aplikasi solar system scope terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan jenis pre-eksperimen. Rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest dengan sampel tiga kelas yang terbagi atas satu kelas eksperimen dan kelas replikasi sebanyak dua kelas dari siswa SMPN 1 Jabon kelas VII. Instrument Penelitian berupa soal kemampuan berpikir kritis dengan indikator Interpretasi, Analisis, Evaluasi dan Inferensi. Hasil rata-rata skor N-Gain ketiga kelas berada pada kategori sedang. Analisis data menggunakan uji-t Paired sample t-test yang menunjukkan hasil nilai signifikan pada kelas eksperimen, replikasi 1 dan replikasi 2 adalah 0.000 dimana nilai signifikan ˂ 0.05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran siklus 5E berbantuan aplikasi solar system scope mengalami peningkatan dengan rerata kategori sedang dan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran siklus 5E berbantuan apikasi solar system scope


Keywords


Model pembelajaran siklus 5E; Solar system scope; Kemampuan berpikir

Article Metrics :