PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS XII IPA-4 SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pengajaran kontekstual berbasis masalah pada siswa kelas XII IPA-4 SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dan menerapkan model pengajaran kontekstual berbasis masalah untuk meningkatkan prestasi belajar fisika pada siswa kelas XII IPA-4 SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Dari hasil kegiatan pembelajaran dan analisis yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (79%), siklus II (84%), siklus III (96%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar dan juga pemahaman materi pelajaran yang diajarkan,
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Dayan, Anto. 1972. Pengantar Metode Statistik Deskriptif, tt. Lembaga Penelitian Pendidian dan Penerangan Ekonomi.
Dimyati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2012/2013. 2012. Surabaya: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung.
Melvin, L. Siberman. 2004. Aktif Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2000. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Usman. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.