ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATAPELAJARAN BIOLOGI di SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 6 SELUMA TAHUN AJARAN 2018/2019

Sonia Meliasari, Sri Widia Astuti, Tyas Yuliani Putri, Ahmad Walid

Sari


Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester biologi kelas X di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Seluma berdasarkan atas kriteria pembuatan soal yang ideal. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Pada kelas X IPA didapatkan 12 (30%) soal C1, 15 (37,5%) soal C2, 8 (20%) soal C3, 3 (7,5%) soal C4 dan 2  (5%) soal C5, sedangkan soal C6 tidak ditemukan. Tingkat kesukaran dalam kategori perbandingan 3 sukar: 3 sedang : 34  mudah atau 7,5 : 7,5 : 85. Daya pembeda untuk  0% kategori sangat baik, 15% kategori baik, 37,5% kategori cukup dan 47,5% kategori kurang. Efektivitas pengecoh 40 butir soal pilihan ganda (100%), 4 soal (10%) baik, 15 soal (37,5%) cukup, 12 soal(30%)kurang, 9 soal(22,5%) sangat kurang, sedangkan soal sangat baik tidak ditmetukan. Untuk validitas butir soal 21 soal atau 52,5 %  valid dan 19 soal atau 47,5% tidak valid.


Kata Kunci


Analisis; tingkat kesukaran; efektivitas pengecoh; daya pembeda; validitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acesta, Arrofa. 2020. “Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar.” Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi 12 (2): 170. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2831.

Amalia, Ata Nayla, and Ani Widayati. 2012. “Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta Tahun 2012.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia X (1): 1–26.

Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI.

Arikunto, Suharsimi, and Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2018. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatimah, Laela Umi, and Khairuddin Alfath. 2019. “ANALISIS KESUKARAN SOAL, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR” 8: 37–64.

Friatma, Ayunda, Syamsurizal, and Helendra. 2017. “Analyzed Quality Question of Final Exam Whole Semester on Biology Course Class XI IPA SMA Negeri District South of Solok Selatan Academic Year 2015/2016.” Bioeducation Journal 1 (2): 50–67.

Madya, Aminullah. Widyaiswara Ahli. 2017. “Analisis Kualitas Instrumen Tes Hasil Belajar,” no. 1: 125–40.

Ratnawulan, Elis, and H.A. Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajran. Bandung: Pustaka Setia.

Supriyadi, Gito. 2011. Pengantar Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: Intimedia.

Zein, Anizam, Muhyiatul Fadillah, and Rahma Novianti. 2013. “Hubungan Antara Validitas Butir , Reliabilitas , Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Ujian Semester Genap Bidang Studi Biologi Kelas Xi Sma / Ma Negeri Di Kota Padang Tahun Pelajaran 2010 / 2011.” In Proceeding Semirata FMIPA, 39–47.




DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i1.2764

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA)
E-ISSN 2720-9458
Published by Prodi Pendidikan IPA
Universitas Bhinneka PGRI
Website: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima/index
email: aldilanugraha89@gmail.com 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.