PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI AN NAJAH PASONGSONGAN SUMENEP

Mohammad Hefni, Ellinatus Subaidah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil penerapan media pembelajaran berbasis e-learning pada pembelajaran IPA dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di MI An Najah Pasongsongan Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan peneliti diantaranya kondensasi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa proses penerapan penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning dilaksanakan dengan cara guru memulainya dengan menyusun RPP, menganalisa topik-topik materi ajar yang akan diajarkan dan mensosialisasikannya kepada siswa bahwa kegiatan belajar mengajar (KBM) akan diselenggarakan melalui aplikasi e-learning. Media yang digunakan dalam e-learning ini adalah google form, whatsapp, dan youtube. Penerapan media e-learning dapat meningkatkan minat belajar siswa, terbukti nilai siswa semakin meningkat. Hal ini dikarenakan adanya inovasi guru yang memberikan pembelajaran melalui video animasi pembelajaran. Sehingga media pembelajarran berbasis e-learing ini sangat berdampak baik bagi sekolah, guru dan siswa untuk lebih mngembangkan kembali kreatifitas pembelajaran.


Kata Kunci


Media pembelajaran; e-learning; pembelajaran IPA; minat belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asfiati. Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Prenada Media Group, 2020.

Hildayah, Dewi, Penggunaan Media Visual, Auditif Dan Kinestik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,Jurnal Prosiding Seminar Nasional, Pendidikan FKIP, Vol. 2, No. 1, 2019

Rasyid, Zaiful, dkk.Ragam Media Pembelajaran. Batu: Literasi Nusantara,2019.

Rusman, dkk.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Walin Pers, 2012.

Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana,2017.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,2017.

Sugiono.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2009.

Syahputra, Edi. Snow Ball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil belajar. Sukabumi : Haura Publishing. 2020

Udin Syaefudin Sa’ud, Inovasi Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2011




DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i1.2762

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA)
E-ISSN 2720-9458
Published by Prodi Pendidikan IPA
Universitas Bhinneka PGRI
Website: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima/index
email: aldilanugraha89@gmail.com 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.