PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS X PDG SMK NEGERI 1 LUMAJANG

Tofan Tri Oktora

Sari


Tujuan penelitian untuk mengetahui minat dan hasil belajar Fisika pada masa pandemi di SMK Negeri 1 Lumajang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dari classroom pada pembelajaran Fisika Kelas X PDG. Waktu penelitian yaitu selama satu semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 14 Pertemuan dengan jumlah siswa 33.

Kehadiran siswa menunjukkan tengah semester awal terdapat 64% hadir tepat waktu, 21% terlambat dan 15% alpa. Pada tengah semester akhir terdapat 87% hadir tepat waktu, 13% terlambat dan 1% alpa. Hasil belajar siswa selama tengah semester Awal masih belum memuaskan yaitu nilai terendah 12, rerata 51,9 dan tertinggi 84. Hasil Belajar mengalami peningkatan pada tengah semester akhir nilai terendah 45, rerata 70,0 dan tertinggi 90. Kesimpulan yaitu pembelajaran Fisika menunjukkan minat dan hasil belajar rendah di tengah semester awal dan meningkat pada tengah semester akhir.


Kata Kunci


Pembelajaran fisika; classroom; hasil belajar siswa; pandemi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia. A & Sa’adah. N. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar DiIndonesia. Jurnal Psikologi Volume 13 Nomor 2.

Arta, A. Y., Hendrayana, A., & Ihsanudin. (2020). Pengembangan pembelajaran daring matematika berbasis pende katan kontekstual siswa SMP. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 4. Hal 353-366.

Hasbiyati, Haning. 2020. Analisa Efektifitas Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Pada Peningkatan HasilBelajar Biologi. Jurnal Bio Lectura: Pendidikan Biologi. Volume 7, Nomor 1. Hal 10-14

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. 2020. Utilization of Google Classroom-Based-Learning ManagementSystem in Learning. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 8 Nomor 1. Hal 78,

Simatupang, dkk. 2020. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan Volume 13, Nomor 2.

Suherman, D. 2020. Peran Aktor Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Mengatasi Penyebaran COVID-19 DiIndonesia. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah. Volume 2. Nomor 2.

Sugama Maskar, S & Wulantina, E. 2020. Persepsi Peserta Didik terhadap Metode BlendedLearning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika). Volume 1, Nomor 2, Hal 110-121.

Wulandari & Agustika. 2020. Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi PadaPersepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. Volume 8 Nomor 3. Hal 515-526

Zainudin & Wijayanti, R. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Moodle. Jurnal Eduproxima volume 3 Nomor 1. Hal 43-49.




DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i1.2761

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

EDUPROXIMA (Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA)
E-ISSN 2720-9458
Published by Prodi Pendidikan IPA
Universitas Bhinneka PGRI
Website: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima/index
email: aldilanugraha89@gmail.com 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.