ANALISIS PENGGUNAAN PRAKTIKUM SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SDN DURBUK III PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mohammad Imam Sufiyanto
Mohammad Hefni


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i1.1848

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui penggunaan praktikum sederhana di desa palengaan, pamekasan pada materi cahaya melalui pendekatan inkuiri terbimbing yang digunakan sebagai model pembelajaran, dan (2) mengetahui seberapa besar efektivitas praktikum sederhana yang dikembangkan untuk mengetahui kemampuan keterampilan..proses sains peserta didik Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Observasi, penelitian ini dilakukan secara terpadu dan partisipatif dengan 3 tahapan yaitu, pendahuluan, tahapan pelaksanaan, tahapan interaktif. Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam penelitian ini menggunakan barang bekas salah satunya botol plastik, plastik bening dll. Berdasarkan hasil penelitian yang diberikan kepada siswa dalam kegiatan praktikum ini, dapat teridentifikasi keterampilan proses sains pada kelas v siswa di SDN Durbuk III Pamekasan dapat diterima dengan baik dan dapat dijadikan acuan pembelajaran praktikum selanjutnya.


Keywords


keterampilan proses sains; praktikum sederhana; inkuiri

Article Metrics :

References


Albi Anggito dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, (Sukabumi: CV Jejak, 2018), hal. 9.

Agus Purwanto. (2016). Kendala yang dihadapi para orang tua, hal. 6-7.

Bambang Suhartawan. (2016). Mengoptimalkan keterampilan proses sains dalam Pembelajaran di Laboratorium. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 2, No. 2, Hal. 121.

Drago, W. and Wagner, R. (2004), "Vark preferred learning styles and online education", Management Research News, Vol. 27 No. 7, pp. 1-13.https://doi.org/10.1108/01409170410784211

Elisa, Riski. (2016). Fisika dan Kecakapan Hidup.Jakarta: Ganeca Exact

Fadlillah, Muhammad. (2014). Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gafur, Abdul dan Hendra Purnomo. (2016.) PEKERTI BUKU 2. Yogyakarta: UNY Press.

J. Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Khairuisa, (2019), Pengembangan Modul Ekosistem Pantai Lombang Sumenep Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal UNY Press.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif, (Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015), hal. 108-109. dan hal. 104-105.

Mardawani. (2020).Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis data Dalam Perspektif Kualitatif, (Yogyakarta: Deepublish), hal. 59.

Mac Kenzi, dan Rumidi. (2020). Metodologi Penelitian Petunjuk praktik Untuk Peneliti Pemula (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013

Siarni., Marungkil P dan Amra R. 2015. Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Selule Memuju Utara. Jurnal kreatif Tadulako, 3: 94-104.

Supriyono, Uhar. (2019). Metode Penelitian Kualitati dan Tindakan. Bandung:PT Refika Aditama.

Uzer Usman. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja PT. Rosdakarya.

Usman Samatowa. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Yoo, Alif Yanuar. (2014). Superbook IPA SD Kelas 4,5,6. Wahyumedia, Bandung: Manggu Media Putra.

Zapalska, A. and Brozik, D. (2006), "Learning styles and online education", visited Campus-Wide Colaboration Information Systems, Volume. 23 No.5, pp. 325-335.https://doi.org/10.1108/10650740610714080