PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK KELAS X SMA N 13 MEDAN

Ray Ardi Samosir


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v9i2.4267

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran, kebiasaan belajar, dan hasil belajar siswa, (2) pengaruh parsial pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar, (3) pengaruh parsial kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, (4) pengaruh simultan pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Populasi penelitian berjumlah 199 siswa, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 67 siswa. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan kuesioner yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda meliputi uji-t, uji-F, dan koefisien determinasi (R2). Data diolah menggunakan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pelaksanaan pembelajaran, kebiasaan belajar, dan hasil belajar tergolong dalam kategori cukup baik, (2) pelaksanaan pembelajaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan nilai thitung=5,570 > ttabel=1,669, (3) kebiasaan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ditunjukan dengan nilai thitung=9,154 > ttabel=1,669. (4) pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajarĀ  ditunjukkan dengan nilai Fhitung=126,102 > Ftabel=3,14.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.

Djamrah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasan, Iqbal. 2012. Pokok-Pokok Materi Statistik 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT.

Remaja Rosda Karya.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:

PT. Rineka Cipta.

Subini, Nini. 2012. Psikologi pembelajaran.

Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Sutikno, Sobry. 2005. Pembelajaran Efektif.

Mataram: NTP Press.

Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Usman, Uzer Moh. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.