Editorial Policies

Focus and Scope

Rontal; Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan menerbitkan karya ilmiah seputar Pancasila dan kewarganegaraan dalam bingkai pendidikan yang diproduksi melalui sudut pandang politik, sosiologi, antropologi, dan budaya. Rontal mendukung analisis yang berkaitan dengan pengembangan filosofis, teoritis, maupun praksis pendidikan kewarganegaraan sesuai kaidah pancasila. Pancasila ditempatkan sebagai konsep dasar dalam mengkaji persoalan-persoalan warga negara dalam konteks identitas, hak asasi manusia, demokrasi, etnopedagogi, penjajahan, geostrategi, geopolitik dan ideologi. Karakteristik persoalan-persoalan tersebut secara nyata terdapat dalam masalah keamanan, kesetaraan, imigrasi, batas negara, kebebasan ekspresi, pemilu, media masa, ekonomi kerakyatan, keterampilan hidup dan sebagainya yang berkaitan dengan konsep kewarganegaraan pancasilais.

 

Section Policies

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. 

 

Archiving

This Journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archieving system among participating libraries and permit those libraries to create permanent archieves of journal for purposes of preservation and restorati

 

Publication Ethic

Kode etik publikasi merupakan norma yang harus dipatuhi oleh penulis yang akan mempublikasikan karya ilmiahnya dalam media publikasi. Norma dasar dalam melakukan publikasi adalah mengutamakan, moral, integritas ilmiah, dan kejujuran penulis.

  • Moral; mampu membedakan perilaku yang baik dan yang buruk dalam penulisan.
  • Integritas ilmiah;menjunjung tinggi kaidah, hakekat dan kebenaran ilmiah, sehingga tidak mengorbankannya demi kepentingan apapun.
  • Kejujuran;apa yang dilakukan penulis sesuai dengan kondisi obyektif sesungguhnya, dan tidak melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan dalam penelitian / penulisan (misconduct)

Kode etik yang wajib dipenuhi oleh para Penulis yang akan mempublikasikan artikel ilmiahnya pada Jurnal Rontal Keilman Pancasila dan Kewarganegaraan:

  1. Penulis harus menjunjung tinggi scientific conduct memahami manfaat /keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.
  2. Artikel yang dipublikasikan bebas dari malalaku (misconduct), meliputi: Rekaan (fabrikasi), pemalsuan data (falsifikasi), dan Plagiarism / autoplagiarism. 
  3. Penulis wajib mencantumkan sitasi yang memadai pada semua statement, ide, data, yang bukan hasil penelitiannya.
  4. Artikel yang dipublikasikan bidang ilmunya sesuai atau relevan dengan bidang ilmu Jurnal Rontal Keilman Pancasila dan Kewarganegaraan.
  5. Artikel yang dipublikasikan tidak menimbulkan benturan dengan pihak-pihak tertentu atau berpotensi meresahkan masyarakat.
  6. Para penulis yang tercantum pada artikel yang dipublikasikan adalah benar-benar mereka yang kompetens dan mempunyai kontribusi berarti dalam penulisan artikel tersebut.
  7. Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini (double manuscript submission) ke jurnal atau sarana publikasi lain, secara bersamaan (serentak) 
  8. Bagian atau keseluruhan Artikel yang dipublikasikan belum pernah terpublikasi pada sarana publikasi lain. 
  9. Artikel yang dipublikasikan adalah asli (orsinil) hasil penelitian, gagasan atau pemikiran Penulis, yang dijamin Surat Pernyataan Bebas Plagiarisme yang ditulis di atas meterai oleh Penulis.

Bagi setiap penulis di Jurnal Reaktor diwajibkan mengisi Surat Peryataan yang menjelaskan bahwa artikel belum pernah dipublikasikan di Jurnal maupun konferensi /seminar manapun. Contoh Surat Peryataan dapat diownload pada link Surat Peryataan atau pada format doc berikut ini.