Ideologi Pancasila Menjadi Pedoman Kehidupan Sehari-hari bagi Bangsa Indonesia

Atna Sariputta
Fatma Ulfatun Najicha


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v9i1.4091

Abstract


Pancasila, dokumen pendirian negara, adalah pakta nasional yang luar biasa yang harus dihormati secara keseluruhan. Panchasila adalah dasar pemerintahan dan pemerintahan Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara juga berfungsi sebagai sumber hukum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ideologi Pancasila menjadi pedoman kehidupan sehari-hari bagi bangsa Indonesia. Metode penelitian di dalam jurnal ini adalah Metode kualitatif ini biasanya bersifat mutakhir atau datanya diperbarui dan disempurnakan secara teratur sebagai respons terhadap sifat lapangan yang selalu berubah. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwasannya Dalam banyak kasus, para pemimpin dan lembaga yang mendukung mereka tidak. Dalam upaya meringankan kesengsaraan manusia, tindakan penegakan hukum masih dilakukan secara rutin. Jadilah dengan pemberi bukan ke kanan. Pancasila telah lama dipuja sebagai tiang yang di atasnya bangsa ini berpijak, serta dasar yang di atasnya semua eksistensi dibangun. Lebih sering daripada tidak, itu berfungsi sebagai bagian dekoratif untuk lanskap negara.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Krisnamukti, D. (2020). Implementasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya di Malang. Jurnal Rontal Keilmuan PKN, 6(1).

Rona Nada Nisrina, F. U. N. (2022). Pengaruh Korean Wave Terhadap Ketahanan Nasionalisme Warga Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Martini, E. (2022). Pembelajaran Pendidikan Kewarganeraan Berbasis Kecakapan Abad 21 dalam Meningkatkan Kompetensi Kewarganegaraan di Pendidikan Kejuruan. JPK : Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1).

Nurul Hidayah Tri Ambarningrum, F. U. N. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Mohammad Najib Asrof Imtiyaz, F. U. N. (2022). Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi. Jurnal Pembelajaran Ips Dan PKN, 7(2).

Rio Saputro, F. U. N. (2022). Penerapan Rasa Bela Negara Pada Generasi Muda Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 14(2).

Yitzhak Edmund Tio Manalu, F. U. N. (2022). Analisis Jiwa Kewarganegaraan Generasi Muda Indonesia di Era Digital Serta Dampaknya Bagi Bangsa dan Negara. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 14(2).