Pancasila sebagai Perisai Penangkal Rasisme di Indonesia

Rulinnanda Desta Aulia NurHidayah


DOI: https://doi.org/10.29100/jr.v9i1.4083

Abstract


Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keberagaman. Di era globalisasi, adanya keberagaman tersebut sangat memungkinkan terjadinya perpecahan dan rentan dengan masalah diskriminatif. Rasisme muncul karena terdapat banyak perbedaan yang dimiliki Indonesia seperti suku, bangsa, ras, agama, bahasa, budaya, warna kulit, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus menjaga persatuan dan kesatuannya dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan dan Kesatuan bangsa Indonesia diwujudkan dengan peran Pancasila dalam keberagaman bangsa adalah mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila mempersatukan perbedaan suku, ras, etnis, agama, budaya, dan geografis dalam satu titik dan membangun kebhinekaan pada setiap silanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mengetahui lebih dalam apakah penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan Bhinneka Tunggal Ika di Indonesia sudah benar-benar diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Dan nyatanya seperti yang kita ketahui kekacauan atau konflik antar masyarakat masih banyak dan sering kali terjadi di sekitar kita. Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna dan arti yang sangat mendalam bagi Indonesia yang memiliki masyarakat dengan berbagai macam kebudayaan yang berbeda. Tetapi salah satu contoh konflik yang sering terjadi di masyarakat adalah rasisme dan diskriminasi. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk, untuk menciptakan kehidupan yang rukun diantara perbedaan yang ada, nilai-nilai Pancasila harus benar-benar diterapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

 

Kata kunci: Nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Rasisme, Diskriminasi.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Armiwulan, H. (2015). DISKRIMINASI RASIAL DAN ETNIS SEBAGAI PERSOALAN M HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA. https://doi.org/10.14710/mmh.44.4.2015.493-502

Bangun Prakoso, G., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Pentingnya Membangun Rasa Toleransi dan Wawasan Nusantara dalam Bermasyarakat. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 67–71. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7464

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–11

Dewantara, A. (2017). Kerasulan Awam di Bidang Politik (Sosial Kemasyarakatan) dan Relevansinya bagi Multikulturalisme Indonesia.

Fitri Lintang, F. L., & Ulfatun Najicha, F. (2022). NILAI-NILAI SILA PERSATUAN INDONESIA DALAM KEBERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79–85. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7469

Gentur Sahadewa, & Fatma Ulfatun Najicha. (2022). KONTRIBUSI MAHASISWA DALAM MENGHADAPI WESTERNISASI SEBAGAI BENTUK MENJAGA PERSATUAN DAN KESATUAN. Jurnal Kewarganegaraan, 6(Vol. 6 No. 1 (2022): June 2022).

Nurgiansah, T. H., Dewantara, J. A., & Rachman, F. (2020). The Implementation of Character Education in the Civics Education Syllabus at SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2), 110–121.

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Ratna Sari, & Fatma Ulfatun Najicha. (2022). MEMAHAMI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 7(Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022).

Teuku Muharam Rizqullah, & Fatma Ulfatum Najicha. (2022). PENGIMPLEMENTASIAN IDEOLOGI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA. Jurnal Kewarganegaraan, 6(Vol. 6 No. 2 (2022): September 2022).