Membangun Keikutsertaan Pemuda Dalam Mewujudkan Sistem Pertahanan Negara

Moh. Arpat Rasyid


DOI: https://doi.org/10.29100/a

Abstract


Seiring berkembangnya jaman, di kalangan generasi muda, telah berkembang sebuah jargon yang menjadi ciri para pemuda dalam mengekspresikan kreatifitas dan aktivitas para pemuda yang khas kaum muda biasanya dikenal dengan istilah gue banget atau berani tampil beda. Bagi pemuda Indonesia, istilah gue banget biasanya terwadahi dalam aksi-aksi revolusioner kebangsaan, tetapi dewasa ini ekspresi tersebut terkesan tergerus oleh banyak faktor seperti kepentingan ekonomi, dan politik, tanpa dipahami oleh generasi elit bangsa. Hal ini kemudian menyebabkan berbagai dampak terjadinya kesenjangan penafsiran komunikasi karena kesalahan pemahaman peran pemuda dalam paham-paham keindonesiaan dan pertahanan negara serta sempitnya ruang ekspresi kebangsaan pemuda yang telah menggerogoti potensi yang dimiliki oleh para penerus bangsa.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Buku Putih Pertahanan, Mepertahankan Tanah Air Memasuki Abad 21, Dephan, 2003

Gaebler, Ted, Orborne David, Mewirausahakan Birokrasi, Reinventing Government, Mentransformasikan Semangat Wirausaha ke dalam Sektor Publik, Jakarta, PT Pustaka Binaman, 1995.

Kennedy, Paul, The Rise and Fall of the Great Powers, Economic Change and Military Conflict from 1500 to 2000, New York, Random House, 1987.

National Intelligence Council, Mapping the Global Future, Report of The National Intelligence Council, Honolulu, 2004.

Smith, Dan, The Penguin Atlas of War and Peace, New York, Penguin Book, 2003.