PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIIID MTs. NEGERI 1 MALANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

ISNAINI ISNAINI

Abstract


Sistem Persamaan Llinear Dua Variabel (SPLDV) dalam bentuk soal cerita merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa Kelas VIIID MTs. Negeri 1 Malang, hal ini tampak dari masih banyaknya siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dalam bidang studi Matematika, yakni sebesar 80. Pada dasarnya guru telah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, baik melalui kegiatan diskusi kelompok, mengulangi materi yang belum dimengerti, memberikan soal latihan tambahan, serta memberikan ulangan perbaikan, namun semua usaha yang dilakukan oleh guru tersebut tidak mendapatkan hasil yang signifikan. Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka pada kesempatan ini peneliti bermaksud menerapkan model pembelajaran Mind Mapping sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa VIIID MTs. Negeri 1 Malang, terutama dalam mempelajari materi tentang Persamaan Llinear Dua Variabel (SPLDV) dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan yang terbagi menjadi 2 siklus, dimana Siklus I dilaksanakan pada pertemuan ke-1 dan ke-2, sedangkan Siklus II dilaksanakan pada pertemuan ke-3. Pada akhir pelaksanaan Siklus I dan Siklus II, siswa diberi tes evaluasi untuk mengidentifikasi peningkatan prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Dari hasil pengumpulan data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa pada hasil tes evaluasi pertama yang dilaksanakan di akhir Siklus I, dari 37 siswa yang menjadi subyek penelitian, masih 18 orang telah tuntas, sedangkan 19 orang masih belum tuntas. Pada hasil tes evaluasi kedua yang dilaksanakan di akhir Siklus IIi, jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat hingga mencapai 29 orang, sedangkan 8 orang siswa masih belum tuntas. Melalui analisis deskriptif kualitatif diperoleh hasil yang membuktikan bahwa prestasi belajar siswa Kelas VIIID MTs. Negeri 1 Malang secara klasikal telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari 37 siswa, 78,38% (lebih dari 75%) telah mencapai ketuntasan belajar.

Article Metrics :

References


Adi. W Gunawan. 2007. Genius learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Ahmad Sabri. 2007. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching

Buzan, Tony. 2006. Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Daniel Muijs. 2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Deporter, Henarcki. 2004. Quantum Learning. Terjemahan Alwiyah Abdurahman. Bandung: Kaifa

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Femi Olivia. 2008. Gembira Belajar Dengan Mind Mapping. Jakarta: PT Alex Media Komputindo

Ismail dkk. 2000. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Nana Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Oemar Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajarannya. Jakarta: Bumi Aksara

R. Angkowo dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo

Roestijah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Sutanto Windura. 2008. Brain Management Series for Learning Strategys-Mind Mapp Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana