PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR, KREATIVITAS BELAJAR, MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 CAMPURDARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RAHMAD SETYO JADMIKO


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i02.445

Abstract


Bimbingan belajar adalah suatu proses pemahaman, penerimaan, pengarahan, dan perwujudan penyesuaian diri siswa terhadap petunjuk-petunjuk tentang cara belajar agar dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Kreativitas belajar adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru dalam belajarnya berupa kemampuan mengembangkan, kemampuan informasi yang diperoleh dari proses pembelajaran yang berupa pengetahuan. Minat belajar adalah gejala psikis untuk melakukan proses perubahan tingkah laku melalui berbagai kegiatan yang meliputi mencari pengetahuan dan pengalaman. Motivasi merupakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila dia tidak suka, maka akan berusaha untuk mengelakkan perasaan tidak suka itu. Lingkungan sekolah adalah lingkungan dimana kegiatan belajar mengajar berlangsung, para siswanya dibiasakan dengan nilai-nilai kegiatan pembelajaran berbagai bidang studi.

Article Metrics :

References


Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (Eds.). 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Takso-nomi Pendidikan Bloom). Terjemahan Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pus-taka Belajar.

Aripin, I. 2008. Modul Pelatihan Analisis Data den-gan Software Excel dan SPSS. Malang: Un-iversirtas Brawijaya.

Dani, 2013. Role Playing Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. [Online]. Tersedia: (http://pojokpakdani.wordpress.com/ 2013/01/14)

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, T. & Istiadah, N. 2011. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. Jakarta: Mediakita.

Ibrahim, dkk. 2006. Media Pembelajaran¬. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Latif, M. 2011. Studi Komparatif Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Siswa Dalam Pembelajaran Sistem Stater Dan Pengisisan Otomotif. (Online), (http://ejournal.ikip-veter-an.ac.id/ejournal/index.php/gardan/article/view/11), diakses 27 Februari 2013.

Mulyasa, E. 2004. Panduan Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi & Senduk. 2004. Pembelajaran Konteks-tual dan Penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rasyid, H. 1994. Teknik Penarikan Sampel dan Pe-nyusunan Skala. Bandung: Pascasarjana UNPAD.

Sadiman, A. S. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT. Raja Grafindo.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorien-tasi Strandar Proses Pendidian. Jakarta: Ken-cana Prenada Media.

Seran, E. Y. 2010. Dampak Penerapan Model Role Playing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kepekaan Sosial Siswa, 1 (2). (Online), (http://jurnal.pdii.lipi.go.id/ admin/jurnal/12101429_2086-4450.pdf), diakses 5 Januari 2013.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2009. Psilologi Pendidikan Teori dan Praktik. PT indeks: Jakarta.

Sudjana, A. 1992. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.