SCHOOL BASED MANAGEMENT; KEEFEKTIFAN KURIKULUM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 MADIUN

Brillian Rosy


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v3i1.635

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui: (1) Implementasi School Based Management; (2) Pelaksanaan kurikulum pembelajaran ekonomi; dan (3)Implementasi School Based Management terhadapkeefektifan kurikulum pembelajaran ekonomidi SMA Negeri 3 Madiun. Penelitianini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 3 Madiun sebelum penerapan kurikulum 2013 yaitu pada bulan September 2012.Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi maupun dokumentasi. Analisa data melaui proses sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, kemudian menyimpulkan.Hasil penelitian secara keseluruhan menyimpulkan bahwa keefektifan kurikulum mata pelajaran ekonomi dalam rangka Implementasi School Based Management dapat digambarkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) antara pendidik dan siswa yang saling berinteraksi, yang membahas tentang pembelajaran ekonomi dengan segenap komponen kurikulum yang telah disesuaikan dengan karakteristik siswa, dengan tujuan agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan memahami, menghayati serta mengamalkan ilmu ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat dan mendapatkan hasil berupa penilaian kognitif diatas standar kriteria ketuntasan minimal (KKM)terutama pada mata pelajaran ekonomi.


Article Metrics :