KARTU PERMAINAN TIC-TAC-TOE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI AZAS, TUJUAN, DAN JENIS TATA RUANG KANTOR

Rischy Dewi Paramita
Durinta Puspasari


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v3i1.609

Abstract


Media pembelajaran merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengantarkan pesan atau informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan sehingga pesan bisa diterima sesuai dengan tujuan. Salah satu cara agar proses penyampaian pesan dalam pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik sehingga tidak membuat siswa menjadi bosan adalah dengan menggunakan permainan yang sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan. Contoh media pembelajaran yang bisa diterapkan adalah kartu permainan Tic-Tac-Toe. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Tahap Pendefinisian, Tahap Perencanaan, Tahap Pengembangan, dan Tahap Penyebaran. Penelitian ini menggunakan lembar validasi berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil rata-rata nilai sebesar 92,5% untuk ahli materi dengan kriteria sangat layak dan rata-rata  nilai sebesar 92,19%  untuk ahli media dengan kriteria sangat layak. Sedangkan rata-rata nilai respon siswa sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak yang diambil dari uji coba terbatas pada 20 siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung dan siswa menyukai pembelajaran menggunakan kartu permainan Tic-Tac-Toe.

Article Metrics :