ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA ABK (SLOW LEARNER) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Cindi Rahma Hotimah
Dori Lukman Hakim


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5395

Abstract


This article aims to determine the mathematical representation ability of students with special needs with the type of slow learner on variable linear equation system material at the junior high school level grade VIII Syech Quro at SMPI Al – Mumtaaz. The method used in this article is descriptive qualitative with the analysis used in this study is descriptive analysis on slow learners in the class. The population and sampling technique for this article is using the Purposive Sampling technique which uses a sampling technique with certain considerations, namely choosing 3 students including 2 boys and 1 girl. To demonstrate students' ability to represent story problems from the Two Variable Linear Equation System into mathematical and graphic forms.

Keywords


Mathematical Representation, Slow Learner, SPLDV

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan.

Anandari, N. S. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Slow Learner SMP Ditinjau dari IQ pada Materi Perbandingan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Danuri, D., Waluya, B., Sugiman, S., & Andira, A. (2023). Literasi Matematika Ditinjau Dari Representasi Matematis Pada ABK Di SD Inklusi Tamansari 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 24-29.

Djiwandono, P. I. (2015). Meneliti itu tidak sulit: metodologi penelitian sosial dan pendidikan bahasa. Deepublish.

Firyal, A. S., & Tina, S. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265-274.

Firza, A., & Rostina, S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221-232.

Ismail, J., & Manompo, D. M. (2022). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Siswa Slow Learners Mis Hi Achmad Syukur Daruba Kecamatan Morotai Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 748-765.

Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 53-59.

Kusnarto, K., Arum, D. P., Anggraeni, N. D., Nurhayati, E., & Putri, E. A. (2023). Analisis Membaca Menggunakan Mind Mapping Pada Anak Slow Learner. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4683-4694.

Mandagani, D. E., Khusnaini, Z. N., Aryati, N. I., Prasetyo, S., & Kamala, I. (2022). Karakteristik dan Proses Pembelajaran Siswa Slow Learner. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 9(1), 46-59.

Marifah, W. N., Rufiana, I. S., & Wahyudi, W. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Visual Siswa pada Materi Pengolahan Data Ditinjau dari Gaya Belajar Vak. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 175-186.

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis kesulitan siswa mts kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (spldv) ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237-246.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110.

Nihayah, E. F. K. (2021). Analisis penguasaan materi prasyarat aljabar dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26-39.

Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi segi empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1169-1180.

Resa, K., & Iyam, M. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa smp terhadap materi segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176.

Ridha, A. A. (2022). Memahami Perkembangan Siswa Slow Learner. Syiah Kuala University Press.

Sa’diyah, U., Nizaruddin, N., & Muhtarom, M. (2020). Translasi Antar Representasi Matematis Visual Ke Verbal Dalam Memahami Konsep Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Tinggi. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 266-275.

Sumiati, T., & Gumiandari, S. (2022). Pendekatan neurosains dalam strategi pembelajaranuntuk siswa slow learner. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(3), 1050-1069.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(5), 225-234.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234.

Supriadi, N., & Damayanti, R. (2016). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa lamban belajar dalam menyelesaikan soal bangun datar. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1-9.

Utaminingtyas, V. B. (2018). KEMAMPUAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN ANAK SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI POJOK SLEMAN. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 7(1), 49-61.

Witono, A. H., & Istiningsih, S. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Mengajar Siswa Slow Learner Di Kelas IV SDN 2 Karang Bayan. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 57-65.

Yekti, S. M. P., & Perdana, R. D. P. FILE PLAGIASI: Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) sebagai Upaya Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Bidang Aljabar. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (No. 11, pp. 74-80).