PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI ANALISIS REAL

Natasya Catrina Sihombing
Amilah Munadziroh
Yusrina Nadiya Zahira


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.5078

Abstract


Gaya belajar siswa menjadi elemen penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran matematika dapat tercapai. Kemampuan untuk mengenali dan menerapkan berbagai gaya belajar dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengatasi berbagai permasalahan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gaya belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa ditinjau dari materi analisis real. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, kelas B angkatan 2023. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa.

Keywords


Gaya belajar; hasil belajar; materi analisis real

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdullah, & Luhriyani, S. (2017). Model Pembelajaran Hybrid Learning. 978-602-6883-87-2 (17). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Budiarti, Indah dan Abdul Jabar.2016.Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar matematika Siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika,2(3),145-147.https://doi.org/10.33654/math.v2i3.42

Fitriani, D.N. (2021). Pembelajaran E-Learning pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI. PUSDIKLAT - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2020). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 6-15.https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Raharjo, S. (2008). Cara Melakukan Analisis Korelasi Bivariat Pearson dengan SPSS. BPISTI. Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.

Smith, M.L. (2009). Learning Styles. (2012). T_IPS_0808778_chapter3. Universitas Pendidikan Indonesia

Wahyuni, Y (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM Vol. 10, No. 2. Jurnal Untirta - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, (5), 2037-4428-1.https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Widarto (2013). Penelitian Expost Facto. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuwanita, I., Dewi, H.I., Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. JI - Jurnal Instruksional, 2(7), 2686-5645.https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158

Za'ba, N., (2019). Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa diTinjau dari Gaya Belajar Pada Materi Barisan dan Deret. Universitas Pendidikan Indonesia