ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF

Setyo Hartanto
Dwi Ratna Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i2.4553

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosentase kesulitan siswa serta faktor-faktor internal yang mempengaruhi dalam menyelesaikan soal ligkaran berdasarkan taksonomi Bloom ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Peneliti mengambil enam subjek untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kesulitan tertinggi yaitu pada tahap evaluasi dan kesulitan terendah yaitu pada tahap pemahaman dan penerapan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) prosentase rata-rata peserta didik yang mengalami kesulitan tahap pengetahuan yaitu 6,25%, tahap pemahaman 3,125%, tahap penerapan 3,125%, tahap analisis 12,5%, tahap sintesis 12,5% dan tahap penerapan 25%, 2) Faktor internal kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan lingkaran berdasarkan taksonomi Bloom ranah kognitif kelas VIII yaitu: kurangnya minat belajar, kurangnya perhatian peserta didik, daya ingat peserta didik yang rendah, keadaan fisik peserta didik, kurangnya rasa percaya diri peserta didik, keahlian menghitung peserta didik yang masih kurang, peserta didik tergesa-gesa dalam mengerjakan dan tidak meneliti kembali ketika jawaban akan dikumpulkan.

Keywords


Kesulitan menyelesaikan soal; Bloom; kognitif

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Kumalasari, Ellisia. (2016). Analisis Faktor Kesulitan Terhadap Kesalahan Penyelesaian Soal Persamaan Linier Berdasarkan Klasifikasi Taksonomi Bloom (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Teknik Informatika 2015/2016). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 2(2), 113-122. Retrieved from: https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Ell22.

Kuswana, Wowo S. (2014). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus.

Yogyakarta: Nuha Liter.

Subini, Nini. (2017). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yohanes, Feri. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Getasan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 23–35. Retrieved from: http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/237.

Yuwono, M. Ridlo. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi Bloom dan Alternatif Pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 111-133. Retrieved from: https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/7/8.