Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Teorema Pythagoras SMP Berdasarkan Kriteria Watson

Adifa Shafa Kamilah - [ https://orcid.org/0000-0002-5348-6548 ]
Heni Pujiastuti


DOI: https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i2.2989

Abstract


Tinjauan ini bertujuan untuk menyelidiki kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan cerita pada materi teorema pythagoras di jenjang SMP didasarkan sepenuhnya pada kriteria Watson. Tinjauan ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang mengikutsertakan 23 siswa kelas VIII (8) SMPIT Tunas Harapan Ilahi, kota Tangerang, Banten sebagai subjek peneltian. Data yang akan diselidiki berasal dari tes berbentuk naratif atau soal cerita yang diselesaikan oleh siswa dan wawancara. Hasil penelitian memperlihatkan 22 siswa melakukan kesalahan yang bervariasi. Tipe kesalahan terbanyak dilakukan sang peserta didik adalah kesimpulan hilang atau ommited conclusion (OC), sedangkan tipe kesalahan yang jarang dibuat oleh siswa adalah jenis kesalahan prosedur tidak tepat atau inappropriate procedure (IP), data hilang atau ommited data (OD), dan manipulasi tidak langsung atau undirected manipulation (UM). Beberapa faktor penyebab kesalahan yang dibuat oleh siswa meliputi: (1) ketidaktelitian ketika membaca soal berbentuk naratif atau cerita; (2) tidak teliti dalam pengerjaan permasalahan matematis; (3) tidak sering mengadaptasi kebiasaan menuliskan kesimpulan; (4) waktu yang terbatas; (5) ketidakpercayaan diri (self-confidence) terhadap jawabannya; (5) dan memiliki pikiran atau masalah lain sehingga mengganggu aktifitas pengerjaan soal.


Keywords


Analysis of Completion Errors; Story Problems; Watson's Criteria; Pythagorean Theorem

Article Metrics :

References


Amir, N. F., Malmia, W., & Taufik. (2021). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika (Analysis Of Ability to Solve Mathematics Story Problems). Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES), 2(2), 1931.

Anjeli, R., & Irwan. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8 No 1(1), 103109.

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4, 365372. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.691

Dewi, M. A. K., Trapsilasiwi, D., Yudianto, E., Sugirati, T., & Pambudi, D. S. (2019). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel berdasarkan Kriteria Watson Dititinjau dari Kemampuan Matematika dan Gender. Kadikma, 10, 5667.

Djadir. (1995). Hubungan Sikap dan Inteligensi dengan Prestasi Belajar Matematika pada SMP Negeri di kotamadya Ujung Pandang. Transformasi. Vol.1 No. 4. Ujung pandang: FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Farahhadi, S. D., & Wardono. (2019). Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 606610. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29071

Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 4957. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289

Mafruhah, L., & Muchyidin, A. (2020). Analisis Kesalahan-Kesalahan Siswa Dalam Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pecahan Berdasarkan Analisis Newman. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 2435. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3462

Maryani, A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 23442351. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.644

Mashlihah, L. N., & Hasyim, M. (2019). Pengaruh self-esteem, self-regulation, dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(2), 44. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i2.1736

OECD. (2018). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 110. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Pradini, W. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear dua variabel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 3345. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481

Puspita, D., & Amalia, R. (2020). Koordinasi Bimbingan Konseling Dengan Guru Bidang Studi Menghadapi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 17. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.528

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534541. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801

Sari, A. N. I., Hidajat, D., & Afghohani, A. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa mata pelajaran matematika dalam proses pembelajaran daring SMP Negeri 2 Baki. 7(2), 918.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224232.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IX A. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626633.

Winarti, D., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan gaya belajar pada materi pecahan di smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(6), 19.

Yadrika, G., Amelia, S., & Roza, Y. (2019). Soal Pada Materi Teorema Pythagoras Dan. Jppm, 12(2).