PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO

Indah Setyo Wardhani
Umi Hanik
Rika Wulandari


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.215

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah matematika pada mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Trunojoyo Madura. Sampelnya terdiri dari 19 mahasiswa kelompok gaya belajar visual, 6 mahasiswa kelompok gaya belajar auditoral, dan 4 mahasiswa kelompok gaya belajar kinestatik. Penelitian ini berdasarkan tingkat eksplanasi merupakan penelitian asosiatif dan jenisnya adalah penelitian kuantitatif. Hubungan antara gaya belajar mahasiswa TIP dengan hasil belajar mahasiswa sangat lemah yaitu dengan korelasi sebesar 0,073. Hubungan tersebut bersifat positif, artinya terjadi hubungan searah antara variabel X dan variabel Y. Bila skor gaya belajarnya semakin kuat, maka hasil belajarnya semakin meningkat. Prosedur uji signifikasi dengan taraf signifikansi 5% didapatkan thitung= 0,38 dan ttabel = 2,052. Karena thitung < ttabel maka Ho diterima. Hasil perhitungan manual menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa.

Keywords


pengaruh, gaya belajar mahasiswa, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Agung, Gede 2010. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Singaraja:Undiksha

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Bandung:Alfabeta

Baharuddin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta:Arruz Media

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1999. Quantum Learning membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung:Kaifa

Erman, S dan Winataputra, U.S. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta:Universitas Terbuka.

Gufron, Nur dan Risnawita, Rini. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Hudojo, Herman, 1988. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta:DepDikbud.

Kunandar. 2007. Implementasi KTSP dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Nasution. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara

Riduwan. 2014. Dasar-Dasar Statistika. Bandung:Alfabeta

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG. Bandung:Tarsito.

Ruseffendi, E.T, dkk. (1992), Pendidikan Matematika3,Jakarta:Depdikbud

Samples, Bob. 2002. Revolusi Belajar untuk Anak. Panduan Belajar Sambil Bermain untuk Membuka Pikiran Anak Anda. Bandung:Kaifa.

Siregar, Syofian. 2014. Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Bumi Aksara

Suharyanto. 1996. Pengembangan Model Pengajaran Fisika Berbantuan Komputer di Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP Yogyakarta. Dalam Tim Basic Science LPTK (Eds.). Proceeding Hasil Diseminasi Penelitian PMIPA LPTK Tahun Anggaran 1995/1996 Bidang Kependidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Wayan, Nurkancana. 1993. Pemahaman Individu. Surabaya:Usaha Offset Printing

Winata Putra, Udin S,dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka

WS. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta:Gramedia Widiasarana.


Article Metrics :

Abstract view : 643 times
PDF View : 436 times