PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK MOLEKUL KIMIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Nanang Supriono
Fahrur Rozi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.652

Abstract


Seiring dengan perkembangan pada dunia pendidikan yaitu muncul berbagai macam media pembelajaran baru Salah satu teknologi yang cukup menarik saat ini yang dapat dikembangkan pada Android adalah Augmented Reality (AR). AR dapat memberikan informasi yang dapat lebih mudah dipahami oleh pengguna. Karena kelebihan yang dimiliki, AR dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Salah satu pelajaran yang dapat memanfaatkan teknologi ini adalah pelajaran kimia mengenai bentuk molekul kimia.Pada penelitian ini akan digunakan salah satu metode dari SDLC (System Development Life Cyrcle) yaitu metode waterfall, dan dibuatkannya aplikasi pembelajaran untuk bentuk molekul kimia dengan menggunakan marker yang memanfaatkan library vuforia dan Unity dengan bahasa pemrograman yang digunakan adalah C#. Serta pembuatan obyek 3D menggunakan aplikasi Blender.Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat dengan menggunakan library vuforia dan Unity dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan gambaran mengenai bentuk molekul kimia untuk murid SMA

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


F. Sukmana and F. Rozi, “Decision Support System on Computer Maintenance Management System Using Association Rule and Fisher Exact Test One Side P-Value,” Telkomnika, vol. 15, no. 4, pp. 1841–1851, 2017.

F. Sukmana and F. Rozi, “REKOMENDASI SOLUSI PADA SISTEM COMPUTER MAINTENANCE MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN ASSOCIATION RULE , FISHER EXACT TEST ONE SIDE P-VALUE DAN DOUBLE ONE SIDE P-VALUE,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 213–220, 2017.

F. Rozi and F. Sukmana, “Document Grouping by Using Meronyms and Type-2 Fuzzy Association Rule Mining,” J. ICT Res. Appl., vol. 11, no. 3, pp. 268–283, 2017.

F. Rozi, C. Fatichah, and D. Purwitasari, “Ekstraksi Kata Kunci Berdasarkan Hipernim Menggunakan Fuzzy Association Rule Mining untuk Pengelompokan Dokumen,” J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 13, no. 2, pp. 190–197, 2015.

S. H. Harahap, “Pemanfaatan E-Learning Berbasis Lcms Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi,” J. Ris. Akunt. DAN BISNIS, vol. 15, no. 1, p. 14, 2015.

J. Susilo, S. Anitah, and S. Yamtinah, “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual dan Interaktif untuk Mensimulasikan Instalasi Jaringan Listrik di SMK 2 Surakarta,” Pros. Semin. Pendidik. Nas., pp. 104–117, 2017.

Fi. M. Kurniawan, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Resistor Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video Di Smkn 3 Yogyakarta,” J. Pendidik. Tek. Elektron., pp. 1–6, 2017.

D. S. Utomo, I. Arwani, and W. S. Wardhono, “Implementasi Mobile Augmented Reality Pada Aplikasi Pemilihan Sarana Dan Prasarana Laboratorium Sekolah Menengah Atas,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 3, pp. 224–235, 2017.

M. Rifa’i, T. Listyorini, and A. Latubessy, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI KATALOG RUMAH BERBASIS ANDROID,” Pros. SNATIF, pp. 267–274, 2014.

M. A. Barkah and R. Agustina, “Pemanfaatan Augmented Reality ( AR ) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Candi – Candi Di Malang Raya Berbasis Mobile Android,” J. Mhs. Fak. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 5, pp. 1–6, 2017.

A. B. Setiawan and A. C. Nugraha, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pengenalan Komponen Sistem Kendali Development of Learning Media on Augmented Reality-Based,” Prodi Pendidik. Tek. Elektro, vol. 7, no. 5, pp. 409–415, 2017.

T. R. Widodo, A. Setiawan, and S. Rostianingsih, “Pembuatan Aplikasi Pembelajaran ‘Ikatan Kimia’ dengan Memanfaatkan Augmented Reality,” J. Infra, vol. 4, no. 2, pp. 126–129, 2016.

S. Sutrisno, S. Poedjiastoeti, and I. G. M. Sanjaya, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BENTUK MOLEKUL DENGAN PEMODELAN REAL BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA,” Pendidik. Sains Pascasarj. Univ. Negeri Surabaya, vol. 3, no. 2, pp. 332–339, 2014.

M. Purba, KIMIA untuk SMA Kelas XI, 2nd ed. Jakarta: Erlangga, 2007.

A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” J. Transform., vol. 14, no. 2, pp. 86–91, 2017.

D. Muttaqin, F. Arifin, and L. N. Farida, “PLANETARIUM ‘APLIKASI PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA BERBASIS VIRTUAL REALITY,’” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 713–721, 2016.

Z. Ardian, P. I. Santosa, and B. Sunarfrihantono, “Analisis dan Evaluasi Kemampuan Sistem Pendeteksian Teks Secara Real Time Berbasis Augmented Reality Pada Vuforia SDK Berbasis Android,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2014, vol. 1, no. 10, pp. 37–42, 2014.

H. Hendratman, THE MAGIC OF BLENDER 3D MODELLING. Bandung: Informatika Bandung, 2015.

Mustika, C. G. Rampengan, R. Sanjaya, and Sofyan, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif,” Citec J., vol. 2, no. 4, pp. 1–15, 2015.

M. A.-G. Rajmah, M. Adrian, and M. B. Sanjaya, “APLIKASI ALCHEMIST MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA SMA APPLICATION ALCHEMIST USING AUGMENTED REALITY BASED ANDROID FOR,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 1448–1460, 2017.

R. Susanto and A. D. Andriana, “Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping,” Maj. Unikom, vol. 14, no. 1, pp. 41–46, 2016.

R. Illahi, L. A. Abdillah, and E. Supratman, “SISTEM INFORMASI PROMOSI KAMPUS BINA DARMA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” SENTIKOM2017, pp. 1–6, 2017.

I. S. O. Iec, R. D. Jayanto, and H. Jati, “EVALUASI KUALITAS APLIKASI MOBILE KAMUS ISTILAH JARINGAN PADA PLATFORM ANDROID DENGAN STANDAR,” 2011.