APLIKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FLUTTER FRAMEWORK UNTUK KEPERLUAN PERIZINAN TUGAS KELUAR PADA PT. XYZ

Indhi Rahmawati
Dian Permata Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.5489

Abstract


Keperluan tugas karyawan perusahaan dengan tujuan tempat pelaksanaan yang beragam tentunya membutuhkan perizinan khusus dari atasan. Pada salah satu industri di Kabupaten Bekasi menerapkan sistem manual di atas lembaran kertas perizinan. Karyawan yang akan melaksanakan tugas keluar diperkenankan untuk mengisi form tugas luar yang sudah disediakan oleh General Affair kemudian meminta persetujuan dari atasan. Jika atasan sudah mengizinkan maka General Affair akan menyediakan driver dan transportasi yang akan dipergunakan untuk pengantaran karyawan dalam melaksanakan tugas keluar. Banyaknya pengajuan tugas keluar dapat memicu peningkatan penggunaan kertas. Selain itu seringkali atasan yang bertugas sebagai approval sedang tidak berada ditempat dan dapat menghambat pelaksanaan tugas keluar yang diajukan oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan menciptakan aplikasi Android bernama CarOut menggunakan flutter framework untuk memfasilitasi karyawan yang ingin mengajukan perizinan tugas keluar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan di lapangan dengan menyesuaikan metode SDLC (Software Development Life Cycle) prototype dan dilakukan di salah satu Industri di Kabupaten Bekasi. Pengujian aplikasi menerapkan metode black box testing yang dilakukan oleh beberapa karyawan dengan meninjau mulai dari input hingga output sudah sesuai yang direncanakan kemudian analisa data menggunakan persentase. Dengan demikian aplikasi CarOut ini dapat digunakan untuk membantu karyawan dalam mengajukan perizinan tugas keluar sehingga meningkatkan kualitas pelayanan kepada karyawan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Keywords


Android; Dart; Flutter; Sistem Informasi;

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


F. E. Krisnada and R. Tanone, "Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile menggunakan Flutter," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2019.

G. S. Chandra and S. Tjandra, "Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang," JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM, GRAPHICS, HOSPITALITY AND TECHNOLOGY, 2020.

J. M. Suhendro, M. Sudarma and D. C. Khrisne, "RANCANG BANGUN APLIKASI SELULER PENYEDIA JASA PERAWATAN DAN KECANTIKAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER," Jurnal SPEKTRUM, 2021.

E. A. W. Sanadi, A. Achmad and D. , "Pemanfaatan Realtime Database di Platform Firebase Pada Aplikasi E-Tourism Kabupaten Nabire," Jurnal KPE, 2018.

R. Andrianto and M. H. Munandar, "Aplikasi E-Commerce Penjualan Pakaian Berbasis Android Menggunakan Firebase Realtime Database," Journal Computer Science and Information Technology, 2021.

M. Magfur and N. Anwar, "Perancangan Aplikasi Mobile E-Voting Dengan Framework Flutter Untuk Pemilihan Ketua BEM Universitas Esa Unggul Kampus Tangerang," SISFOTEK, 2023.

T. E. Julianto and Y. Harjoseputro, "Revamp Aplikasi Teman Bumil Lebih Interaktif Dengan Pendekatan Agile," Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 2020.

S. Santoso, D. J. Surjawan and E. D. Handoyo, "Pengembangan Sistem Informasi Tukar Barang Untuk Pemanfaatan Barang Tidak Terpakai dengan Flutter Framework," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2020.

I. G. S. Widharma, "PERANCANGAN SIMULASI SISTEM PENDAFTARAN KURSUS BERBASIS WEB DENGAN METODE SDLC," Jurnal MATRIX, 2017.

A. A. Pradipta, Y. A. Prasetyo and N. Ambarsari, "PENGEMBANGAN WEB E-COMMERCE BOJANA SARI MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE," e-Proceeding of Engineering, 2015.

A. Herdiansah, D. Nurnaningsih and H. Rusdianto, "PEMANFAATAN FLUTTER PADA PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE EBISNIS PENYEDIAAN BAHAN BAKU BISNIS KATERING," Jurnal TEKNOINFO, 2022.

D. M. Candrasari and A. Anggraini, "Sistem Informasi Laporan Jasa Pengiriman Barang Pada CV. Mitrajasa Perdana Anugrah Berbasis Web," Journal Of Informatics Education, 2020.

M. Melinda, R. I. Borman and E. R. Susanto, "RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DESA DURIAN KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN)," Jurnal TEKNO KOMPAK, 2017.

D. H. Sulistiani and E. F. G. S. Umpu, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Tabungan Siswa pada SD Ar-Raudah Bandarlampung," Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), 2021.res

D. S. H. Putra and R. Kurniawati, "Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM) di Rumah Sakit X," J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 2019.

D. E. Kurniawan, A. Saputra and P. Prasetyawan, "Perancangan Sistem Terintegrasi pada Aplikasi Siklus Akuntansi dengan Evaluasi Technology Acceptance Model (TAM)," JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2018

T. Arianti, A. Fa'izi, S. Adam and M. Wulandari, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN DIAGRAM UML (UNIFIED MODELLING LANGUAGE)," Jurnal Ilmiah Komputer Terapan dan Informasi, 2022.

A. R. Putri, A. Hafizhah, F. H. Rahmah, R. Muslikhah and S. Nabila, "Pemodelan Diagram UML Pada Perancangan Sistem Aplikasi Konsultasi Hewan Peliharaan Berbasis Android (Studi Kasus: Alopet)," Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 2021.

T. A. Kurniawan, "PEMODELAN USE CASE (UML): EVALUASI TERHADAP BEBERAPA KESALAHAN DALAM PRAKTIK," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2018.

A. P. Putra, F. Andriyanto, K. T. D. M. Harti and W. Puspitasari, "PENGUJIAN APLIKASI POINT OF SALE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING," Jurnal Bina Komputer, 2020.