IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOSERBA YUSUF SEMARANG

Reza Nur Dianti
Junta Zeniarja


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.5421

Abstract


Pada aktivitas jual beli barang atau jasa, data transaksi selalu tercatat sebagai bukti pembelian, namun data yang ada tidak dimanfaatkan secara optimal oleh Toserba Yusuf. Data tersebut memiliki potensi untuk diolah guna memberikan informasi bermanfaat yang dapat meningkatkan nilai penjualan bagi para pelaku bisnis. Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh Toserba Yusuf adalah kehabisan stok produk tertentu yang dibutuhkan oleh konsumen. Untuk mengatasi hal ini, biasanya diperlukan waktu yang cukup lama karena toko harus mendata barang yang habis terlebih dahulu setelah itu baru melakukan restok barang untuk menyediakan kembali persediaan. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, penelitian ini mengembangkan aplikasi Data Mining membantu dalam mengidentifikasi kebiasaan pembelian konsumen. Tujuan utama penelitian adalah mencari informasi mengenai produk yang paling sering terjual bersamaan. Hal ini bertujuan untuk memungkinkan pemilik toko untuk mengantisipasi kebutuhan stok produk di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan algoritma apriori untuk memudahkan dalam mengolah data, selain itu penelitian ini memanfaatkan association rule untuk menemukan kombinasi antar item dalam dataset yang memenuhi nilai support dan confidence yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi pembelian dan penjualan 2 itemset barang berbeda secara bersamaan. Hasil pengujian yang memperhitungkan keakuratan dengan menggunakan lift ratio sebagai persentase menghasilkan beberapa aturan. Salah satunya adalah jika pelanggan membeli kentang goreng dengan lift ratio yang tinggi, maka ada kemungkinan bahwa pelanggan juga akan membeli telur dengan tingkat confidence sebesar 0,19, support 0,039, dan lift ratio 1,308. Hal ini membuktikan bahwa algoritma apriori dapat membantu dalam menganalisa pola pembelian konsumen.

Keywords


Algoritma Apriori; Aturan Asosiasi; Data Mining; Pola Pembelian

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


E. Yuniarti and L. Abdillah, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Toko Bella Songket Pa-lembang dengan Metode Up Selling Dan Cross Selling,” vol. 4, no. 1, 2022.

P. Haryandi et al., “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Penjualan Produk Herbal (Studi Kasus: Toko Hanawan Gemilang),” vol. 3, p. 2021.

S. Telaumbanua and F. Nurlaila, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Penjualan Produk Rumah Tangga Berbasis Web,” | Jurnal Ilmu Komputer JIK, 2021.

T. Kurniana, A. Lestari, and E. D. Oktaviyani, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Transaksi Penjualan Berbasis Web pada Cafe Sakuyan Side,” 2023.

S. Panjaitan et al., “Implementation of Apriori Algorithm for Analysis of Consumer Purchase Patterns,” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, Sep. 2019. doi: 10.1088/1742-6596/1255/1/012057.

J. Keuangan et al., “Implementation Of Extreme Gradient Boosting Algorithm For Predicting The Red Onion Prices.” [Online]. Available: http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/MONETER/index

T. Antesia1 and S. Eniyati2, Aturan Asosiasi Data Alat Tulis Kantor Menggunakan Algoritma Apriori.

M. Saefudin, Kom, and S. Dn, “Penerapan Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Pembelian Ikan,” Sistem Informasi |, vol. 6, no. 2, pp. 110–114, 2019.

A. Asrorul Hidayat, N. Hendrastuty, N. Penulis Korespondensi, and A. Asrorul Hidayat Submited, “Penerapan Algo-ritma Apriori pada Apotek Shaqeena untuk Memprediksi Penjualan Berbasis Android,” vol. 4, no. 3, pp. 302–312, 2023, doi: 10.33365/jtsi.

R. Hanifan, D. Tri, S. T. Putra, D. Hartanti, and S. Kom, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Pengelompokkan Produk Terbaik pada Pangkalan Sudiawati,” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 11, no. 2, 2022.

O. Pahlevi, A. Sugandi, U. Bina Sarana Informatika Jl Kamal Raya No, and J. Barat, “Penerapan Algoritma Apriori Dalam Pengendalian Kualitas Produk Ita Dewi Sintawati,” Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, vol. 3, no. 1, 2018.

R. Rahayu and H. Soetanto, “Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Pola Pembelian Komsumen pada Toko Plas-tik Saraswati,” 2022. [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/