ANALISIS PERILAKU PENGGUNA INTERNET DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING DAN PENDEKATAN DAVIES BOULDIN INDEX MENGGUNAKAN DATA LOG UNIVERSITAS XYZ

Angga Zakharia Wijaya
Irwan Sembiring


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4750

Abstract


Aktivitas penggunaan jaringan Internet sangat berdampak pada penggunanya, perubahan perilaku menjadi penyebab dari penggunaan jaringan internet, Informasi yang dicari terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan terhadap penggunaan jaringan Internet. Sehingga, situs website yang tidak memberikan manfaat, perlu diidentifikasi, dan aksesnya diblokir. Hal ini dilakukan bertujuan untuk meminimalisir dari penggunaan jaringan Internet yang menyimpang dari penggunaan nya. Sehingga dapat menunjang kinerja, baik dari bagian administrasi, maupun dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan clustering data Access Log jaringan Internet di universitas xyz dengan menggunakan Algoritma K-Means, dan melakukan uji validasi hasil clustering berdasarkan Davies Bouldin Index. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perilaku penggunaan jaringan internet di universitas xyz masih menyimpang dari kebutuhan Informasi yang dicari. Dengan penggunaan Algoritma ­K-Means Clustering menghasilkan tingkat kualitas cluster yang baik, berdasarkan uji validasi data Davies Bouldin Index, yang mendapatkan nilai DBI 0,110369132, sehingga hasil dari clustering yang dilakukan sudah cukup baik. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan gambaran terhadap pengelola jaringan Internet, berdasarkan metode Algoritma K-Means Clustering.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Prabawa, Kushendra Satria. Penerapan K-Means Untuk Pengelompokan Pengguna Internet Berdasarkan Elapsed dan Byte Transferred. Diss. Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW, 2016.

Ferdinan, Yongki. "Analisis Traffic Pengguna Pada Jaringan Internet Nirkabel Di Bawah Pengelolaan BSI Universitas Islam Indonesia." (2012).

Maulida, Linda. "Penerapan Data Mining dalam Mengelompokkan Kunjungan Wisatawan ke Objek Wisata Unggulan di Prov. DKI Jakarta dengan K-Means." JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga) 2.3 (2018): 167-174.

Prasetyo, Eko. "Data Mining Processing Data Into Information using MATLAB." Yogyakarta: ANDI Publishers (2014).

Gunawan, Gun Gun Indra. ANALISIS PERILAKU PENGGUNA INTERNET DENGAN DATA MINING METODE K-MEANS. Diss. Universitas Siliwangi, 2021.

Kuncoro, A. P., Hutomo, D. P., & Zulfadhilah, M. (2017). Pengelompokan Pengguna Internet Menggunakan Metode K-Means pada Data Log Akses Server. Citisee 2017, 149–153.

Aini, Fadhilah Dhinur, Imam Riadi, and Rusydi Umar. "Perancangan Deteksi Anomali Traffic Untuk Investigasi Log Menggunakan Metode K-Means Clusters." Prosiding Seminar Sains Nasional dan Teknologi. Vol. 1. No. 1. 2018.

Ridho, Farid, and Arya Aji Kusuma. "Deteksi Intrusi Jaringan dengan K-Means Clustering pada Akses Log dengan Teknik Pengolahan Big Data." Jurnal Aplikasi Statistika & Komputasi Statistik 10.1 (2018): 53-66.

Fari'Utomo, Kevin Gusti Farras, Fitra Abdurrachman Bachtiar, and Nanang Yudi Setiawan. "Analisis Perilaku Pengguna pada PT Antar Surya Jaya: Harian Surya Surabaya menggunakan Metode K-Means Clustering." Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 5.11 (2021): 4828-4835.

Goel, Neha, and C. K. Jha. "Analyzing users behavior from web access logs using automated log analyzer tool." International Journal of Computer Applications 62.2 (2013).

Sari, Riyani Wulan, Anjar Wanto, and Agus Perdana Windarto. "Implementasi Rapidminer Dengan Metode K-Means (Study Kasus: Imunisasi Campak Pada Balita Berdasarkan Provinsi)." KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) 2.1 (2018).

Heni, Sulastri, and A. Irham Gufroni. "Penerapan Data Mining Dalam Pengelompokan Penderita Thalassaemia." J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf 3.02 (2017): 299-305.

Sadewo, Mhd Gading, et al. "Algoritma K-Means Dalam Mengelompokkan Desa/Kelurahan Menurut Keberadaan Keluarga Pengguna Listrik dan Sumber Penerangan Jalan Utama Berdasarkan Provinsi." Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). Vol. 1. No. 1. 2019.

Ghufron, Ghufron, Bayu Surarso, and Rahmat Gernowo. "The implementations of K-medoids clustering for higher education accredita-tion by evaluation of Davies Bouldin index clustering." Jurnal Ilmiah KURSOR 10.3 (2020).

Prabawa, Kushendra Satria. Penerapan K-Means Untuk Pengelompokan Pengguna Internet Berdasarkan Elapsed dan Byte Transferred. Diss. Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW, 2016.