ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-COMMERCE LAZADA DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Lasriama Agnes E Simamora
Magdalena A. Ineke Pakereng


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4696

Abstract


E-Commerce membawa peluang besar di dunia bisnis dengan menyediakan beberapa produk dan dijual secara online. Penggunaan E-Commerce sendiri tergolong mudah,efisien, dan  biaya lebih murah membuat banyak pelanggan beralih dari belanja langsung toko ke E-Commerce sebagai alat proses transaksi belanja. Lazada adalah salah satu aplikasi E-Commerce yang sedang banyak dikunjungi oleh konsumen. Aplikasi ini adalah produk dari perusahaan E-Commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012 lalu. Peneliti menggunakan metode Importance Performance Analysis yang mempunyai fungsi utama untuk menampilkan informasi mengenai faktor-faktor pelayanan yang menurut konsumen sangat mempengaruhi kepuasan, loyalitasnya, serta pelayanan yang perlu diperbaiki dan pada saat ini mungkin belum memuaskan pelanggan sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan E-Commerce Lazada di Indonesia. Kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh E-Commerce Lazada ini sangat diperlukan agar perusahaan mendapatkan keuntungan tersendiri. Penelitian ini menggunakan dataset Kaggle dan didapatkan hasil tingkat kesesuaian antara tingkat kepuasan dan kepentingan diatas hasil terbesar yang didapatkan yaitu sebesar 99,17%, yang termasuk kedalam kategori sangat baik dan hampir sempurna, akan tetapi dari 99,17%, konsumen masih terdapat kesenjanjangan -0,02% konsumen yang merasa kinerja E-Commerce Lazada belum sesuai dengan keinginan atau harapan konsumen.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Mirawati, I, “Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital,” Medium, vol. 9, no. 1, hal 58-80, 2021.

Putri, A. S , & Zakaria, R, “Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar Di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan Ekonomi Digital,” In Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, vol. 1, hal 1-14, 2020.

Dzaki, A. L., & Zuliestiana, D. A, “Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Pengguna Situs E-Commerce,” Jd. Id. eProceedings of Management, vol 9, no. 2, 2022.

Yanto, R. T. Y , & Anjarsari, A. D, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce (Studi Kasus Pengguna Toko Online Shopee),” Pro Mark, vol 11, no. 1, hal 13-13, 2021.

Ardiansyah, Y , & Jumhur, H. M, “Analisis Kualitas Website Lazada Menggunakan Metode Webqual Dan Importance Performance Analysis (studi Kasus Pengguna Lazada Di Kab. Ngawi), “ eProceedings of Management, vol 7, no. 2, 2020.

Cahyono, M. E., & Wijaksana, T. I, “Analisis Perbandingan Kualitas Website Lazada. co. id Dan Elevenia Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (ipa)(studi Kasus Pada Pengguna Website Lazada. co. id Dan Elevenia Di Indonesia),” eProceedings of Management, vol 6, no. 3, 2019.

DZAZULY, I, “Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Service Quality Dan Importance Performance Analysis (Ipa)-Quality Function Deployment (Qfd)(Studi Kasus Umkm Billtees Artwear),” 2022.

Ihsan, A. A., Hidayati, U., & Mardinawati, M, “Analisis Kualitas Website Denga Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis,” KEUINIS, vol 10 no. 2, hal 29-40, 2022.

Maulana, R., Syafrinal, I., Subagio, R. T., Adam, R., & Wijaya, A, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Pengunjung Menggunakan Metode Service Performance (Studi Kasus: Taman Air Gua Sunyaragi),” Jurnal Digit: Digital of Information Technology, vol 12 no. 1, hal 44-53, 2022.

Pranitasari, D., & Sidqi, A. N, “ Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, vol 18 no. 02 , hal 12-31, 2021.

Imansyah, M. R., Ismiyah, E., & Dhartikasari, E, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Service Quality Dan Improvement Gap Analysis Pada Kouna Kafe,” Jurnal Serambi Engineering, vol 8, no. 1, 2023.

Yulianti, E., & Umbara, T, “Analisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan dengan metode Importance Performance Analysis,” Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, vol 8, no. 2, hal 78-86, 2020.

Hasna, W. B. D., & Nuryana, I. K. D,” Analisis Kualitas Layanan Website Sociolla terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), vol 2, no. 4, hal 27-32, 2021.

Sampurno, H. R., & Sharif, O. O, “Penerapan Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Kualitas Pelayanan Gojek (Studi Pelanggan Di Kota Bandung),” Jurnal Mitra Manajemen, vol 4, no. 6, hal 856-870, 2020.

Wilujeng, F. R., Rembulan, G. D., Andreas, D., & Tannady, “Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Dua Bisnis E-Commerce Terbesar di Indonesia dengan Menggunakan Analisis Servqual dan IPA,” Prosiding Semnastek, 2019.