Pengaruh ChatGPT Terhadap Budaya Belajar Pada Perusahaan

Mila Yuliani
Franciskus Antonius


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4556

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi apakah program pengembangan kompetensi yang telah diterapkan dapat memberikan dampak yang positif pada peningkatan kualitas kinerja karyawan dan tingkat inovasi dalam lingkungan kerja. dengan menggunakan Artifical Intelligence (AI) ChatGPT dapat membantu tim divisi Training / Learning & Development untuk melakukan pemetaan kompetensi dan merumuskan silabus kompetensi untuk masing-masing posisi dan job code pada perusahaan.Metode penelitian yang digunakan adalah Kombinasi yaitu melalui penerapan metode Experimental dan Observasi langsung, Wawancara dan Analisis Dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan kompetensi karyawan di perusahaan dengan bantuan Artificial Intelligence (AI) ChatGPT dalam pemetaan silabus kompetensi karyawan mampu merumuskan kebutuhan kompetensi Teknik maupun Soft Skill yang harus dimiliki karyawan dan dapat menjadi tolak ukur keberhasilan pengembangan karyawan di perusahaan.Namun, penelitian ini juga menunjukkan beberapa tantangan dalam implementasi program pengembangan kompetensi. Tantangan ini termasuk koordinasi antara departemen yang terlibat, alokasi sumber daya, ketidakcocokan kompetensi maupun tidak adanya minat bakat karyawan terhadap kompetensi yang disarankan serta tantangan dalam perubahan strategi perusahaan yang berdampak pada kesenjangan kompetensi dengan tujuan strategi perusahaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pengembangan kompetensi karyawan memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja dan inovasi di perusahaan. Rekomendasi yang diajukan meliputi implementasi jangka panjang terhadap program pengembangan kompetensi dan dengan metode terbaru yang dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Keywords


Learning & Development; Training; Program Kerja; Pengaruh ChatGPT untuk pengembangan kompetensi karyawan; HR Development.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. Suryani and M. Syahbudi, “Peran Learning Organization Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 5, pp. 707–716, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i5.84.

W. Astutik and M. Sulhan, “Pelatihan Kerja, Soft Skill dan Hard Skill Mendorong Peningkatan Kinerja Karyawan,” JMK (Jurnal Manaj. dan Kewirausahaan), vol. 7, no. 2, p. 9, 2022, doi: 10.32503/jmk.v7i2.2345.

S. A. Nurcahyo and T. Wikaningrum, “Peran Knowledge Sharing, Learning Organization Dan Kapabilitas Inovasi Individual Terhadap Kinerja Karyawan,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 21, no. 2, p. 84, 2020, doi: 10.30659/ekobis.21.2.84-96.

V. V. M. Silva, J. L. D. Ribeiro, G. R. Alvarez, and S. E. Caregnato, “Competence-based management research in the web of science and scopus databases: Scientific production, collaboration, and impact,” Publications, vol. 7, no. 4, 2019, doi: 10.3390/publications7040060.

F. Aiman and K. Imas, “Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 456–463, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779%0Ahttps://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3342451

Misnawati, “ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan Misnawati,” Pros. Semin. Nas. Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, vol. 2, no. 4, pp. 54–67, 2023, doi: 10.1055/a-1948-8785.

T. N. Fitria, “Artifical Intelligence (AI) techology in OpenAI ChatGPT application: A review of ChatGPT in writing English essay,” J. English Lang. Teach., vol. 6, no. 1, pp. 44–28, 2023, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt/article/view/64069

D. Mhlanga, “Artificial Intelligence (AI) and Poverty Reduction in the Fourth Industrial Revolution (4IR),” Preprints, no. September, pp. 1–16, 2020, doi: 10.20944/preprints202009.0362.v1.

F. Kamalov and I. Gurrib, “A New Era of Artificial Intelligence in Education: A Multifaceted Revolution,” pp. 1–27, 2023, [Online]. Available: https://arxiv.org/abs/2305.18303v1

M. S. Iswahyudi, I. K. A. Wirayasa, and I. Soegiarto, “Use of ChatGPT as a Decision Support Tool in Human Resource Management,” vol. 12, pp. 1522–1532, 2023.

A. D. Cahya, D. A. Rahmadani, A. Wijiningrum, and F. F. Swasti, “Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,” YUME J. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 230–242, 2021, doi: 10.37531/yume.vxix.861.

A. Oke and F. A. P. Fernandes, “Innovations in teaching and learning: Exploring the perceptions of the education sector on the 4th industrial revolution (4IR),” J. Open Innov. Technol. Mark. Complex., vol. 6, no. 2, p. 31, 2020, doi: 10.3390/JOITMC6020031.

A. Latief, N. Nurlina, E. Medagri, and A. Suharyanto, “Pengaruh Manajemen Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap terhadap Kinerja Karyawan,” Jupiis J. Pendidik. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 11, no. 2, p. 173, 2019, doi: 10.24114/jupiis.v11i2.12608.

R. Gustiana, T. Hidayat, and A. Fauzi, “Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia ),” Jemsi, vol. 3, no. 6, pp. 657–666, 2022.

M. Y. Aslian, “Dampak Persepsi Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi SDM dan Umum PT. Swabina Gatra,” J. Ilmu Manaj., vol. 7, no. 3, pp. 680–687, 2019.

D. Mhlanga, “Human-Centered Artificial Intelligence: The Superlative Approach to Achieve Sustainable Development Goals in the Fourth Industrial Revolution,” Sustain., vol. 14, no. 13, 2022, doi: 10.3390/su14137804.

X. Zhai, “ChatGPT for Next Generation Science Learning,” XRDS Crossroads, ACM Mag. Students, vol. 29, no. 3, pp. 42–46, 2023, doi: 10.1145/3589649.

W. Rodgers, J. M. Murray, A. Stefanidis, W. Y. Degbey, and S. Y. Tarba, “An artificial intelligence algorithmic approach to ethical decision-making in human resource management processes,” Hum. Resour. Manag. Rev., vol. 33, no. 1, p. 100925, 2023, doi: 10.1016/j.hrmr.2022.100925.

A. Tlili et al., “What if the devil is my guardian angel: ChatGPT as a case study of using chatbots in education,” Smart Learn. Environ., vol. 10, no. 1, 2023, doi: 10.1186/s40561-023-00237-x.

H. H. Purba and I. Setiawan, “A Systematic Literature Review of Key Performance Indicators (KPIs) Implementation,” J. Ind. Manag. Res., vol. 1, no. 3, pp. 200–206, 2020, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/345941517

A. A. Zam Zami and I. G. Anugrah, “Pengembangan Sistem Informasi Penilaian KPI (Key Performance Indicator) Berbasis Website Di PT Barata Indonesia (Persero),” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 539–548, 2022, doi: 10.32672/jnkti.v5i3.4451.

A. Alijoyo and A. F. M. S. Fisabilillah, “Risk management implementation in public sector organizations: A case study of indonesia,” Organ. Cult., vol. 22, no. 1, pp. 1–23, 2021, doi: 10.18848/2327-8013/CGP/v22i01/1-23.

B. Škrinjarić, “Competence-based approaches in organizational and individual context,” Humanit. Soc. Sci. Commun., vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.1057/s41599-022-01047-1.