ANALISIS PERFORMANSI JARINGAN 4G LTE DENGAN METODE DRIVE TEST PADA GEDUNG XYZ

Raihan Daffa
Rd. Rohmat Saedudin
Muhammad Fathinuddin


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4554

Abstract


Bidang teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, perkembangan ini menjadi tantangan tersendiri untuk penyedia layanan maupun user untuk terus bisa mengikuti teknologi. Gedung xyz merupakan sebuah perpustakaan yang memiliki visi untuk menjadi leader dari pusat ilmu dan pengetahuan berbasis teknologi informasi dalam mendukung Universitas Entrepreneur Global. Sesuai dengan visi gedung xyz, perlu adanya analisis performansi jaringan 4G LTE guna mengetahui kualitas sinyal 4G LTE untuk kelancaran penggunaannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kualitas performansi jaringan 4G LTE dengan bantuan aplikasi G-NetTrack Pro dan menggunakan metode walk test. Pengumpulan data dilakukan dengan menentukan titik pada gedung xyz yang akan dilalui selama pengukuran. Pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pada pagi hari, siang hari, dan sore hari dengan kondisi yang berbeda-beda. Analisis data akan berfokus pada tiga parameter yaitu RSRP, RSRQ, dan SNR sehingga dengan mengukur tiga parameter tersebut akan mengetahui kualitas jaringan 4G LTE pada objek penelitian ini. Hasil pengukuran akan dianalisis sesuai dengan KPI pada masing-masing parameter untuk mengetahui baik buruknya kualitas jaringan. Temuan dari penelitian ini akan memberikan informasi tentang kualitas jaringan 4G LTE pada gedung xyz dan dapat membantu penyedia layanan untuk bisa mengembangkan kualitas sinyal yang ada.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


R. Nihayah, “Analisa Kualitas Jaringan 4G LTE Untuk Provider-Provider di Surakarta Berdasarkan Parameter Drive Test Menggunakan Software GENEX PROBE 5.1,” 2020.

R. Alviana, “ANALISIS PERFORMANSI DAN OPTIMISASI JARINGAN 4G LTE PADA KAWASAN TELKOM UNIVERSITY,” e-Proceeding Eng., vol. 6, pp. 339–345, 2019.

Kusumo, “ANALISIS PERFORMANSI DAN OPTIMALISASI COVERAGE LAYANAN LTE TELKOMSEL DI DENPASAR BALI,” E-Journal SPEKTRUM, vol. 2, pp. 12–28, 2015.

W. Eki Setyawan, “Analisis Performansi Jaringan 4G LTE Opertaor HUTCHISON 3 di Rumah Sakit Umum Universitas Tanjungpura Pontianak,” 2021.

F. Farida, “Analisis Performansi Jaringan 4G Operator Telkomsel di Kota Tanjungpinang Menggunakan Metode Drive Test,” J. Sustain. J. Has. Penelit. dan Ind. Terap., vol. 9, pp. 1–7, 2020.

F. I. Jalaluddin, “Analisis Performansi Jaringan dan Kualitas Sinyal 4G LTE Telkomsel di Area Universitas Teknik UNTAN Pontianak,” 2020.

S. Hevner, A ; March, “Research essay design science in infor-mation,” pp. 75–105, 2004.

D. M. M. Yudha, “Analisis Patameter Jaringan HSDPA Kondisi Indoor dengan Tems Investigation dan G-NetTrack Pro,” E-Journal SPEKTRUM, vol. 3, pp. 40–46, 2016.

F. Karo-karo, “Analisis Hasil Pengukuran Performansi Jaringan 4G LTE 1800MHz di Area Sokaraja Tengah Kota Purwokerto MenggunakanGenex Asistant Versi 3.18,” AITI J. Teknol. Inf., vol. 16, pp. 115–124, 2019.

T. Wulansari, “ANALISIS KUALITAS KEKUATAN SINYAL 4G LTE DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRIVE TEST,” 2018.

M. Desky Syahri, “Analisis Kualitas Kuat Sinyal Jaringan Internet 4G DI Perawang Dengan Metode Drive Test DAN QOS. 1-14,” 2020.

V. D. Ramadianty, “ANALISIS PENGUKURAN PERFORMANSI JARINGAN 4G LTE TELKOMSEL DALAM EVENT GAME MOBILE LEGENDS: BANG-BANG DI PONTIANAK,” 2018.

D. S. B. Eleazar M, “ANALISIS KINERJA JARINGAN 4G LONG TERM EVOLUTION (LTE) BERDASARKAN DATA DRIVE TEST PADA PT. INDOSAT KUPANG,” J. Media Elektro, pp. 79–86, 2021.

yasdinul Rahmadian, yerry ; huda, “Analisis Performansi Jaringan 4G LTE di Gedung ITL FT UNP Kampus Air Tawar Barat,” J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., pp. 41–48, 2019.

A. yulianto Pratama, “Analisis Performansi Jaringan Indoor 4G LTE di Gedung Admisi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,” J. Syntax Transform., vol. 3, pp. 862–875, 2022.