PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MEMBACA MODEL ADDIE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY 3D UNTUK SISWA INKLUSI DI SMP NEGERI 1 TANGGULANGIN

Evi April Yanti
Ibut Priono Leksono
Ujang Rohman


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4505

Abstract


Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2020.pasal 5 menyatakan.bahwa salah satu pemberian.fasilitas akomodasi yang layak.oleh Pemerintah adalah penyiapan.dan penyediaan Pendidik.dan Tenaga.Kependidikan bagi siswa penyandang disabilitas. SMP Negeri 1 Tanggulangin merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah inklusi dengan berbagai ketunaan. Keterbatasan tenaga pendidik dalam menerapkan media belajar membaca untuk siswa inklusi membuat proses belajar tidak berhasil khususnya bagi siswa penyandang tuna grahita. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi Media Belajar Membaca Berbasis Android Untuk Siswa Inklusi Menggunakan Software Unity 3D untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian. dan pengembangan model ADDIE (Analysis,.Design,,Development, Implementation.dan Evaluation). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kritikan, saran, dan masukan ketika peneliti melakukan uji validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli desain serta wawancara peneliti kepada guru siswa inklusi dan siswa inklusi SMPN 1 Tanggulangin pada saat pengambilan data awal. Sedangkan data kuantitatif.diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan ahli. desain, data uji coba kelompok kecil dan data uji coba kelompok besar, serta penilaian guru siswa inklusi ketika peneliti melakukan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media belajar membaca model ADDIE berbasis android menggunakan software unity 3D untuk siswa inklusi layak dan valid digunakan oleh siswa inklusi, sesuai dengan hasil penilaian.para ahli yaitu ahli materi yang memberikan penilaian 96,9%, ahli media memberikan skor 96,3%, dan ahli desain memberikan skor 95,5%; 2) Hasil respon dari siswa inklusi sebesar 96,6%,  orangtua siswa inklusi 97,3% serta guru pendamping sebesar 100% yang menyatakan bahwa media belajar sangat layak untuk digunakan dalam belajar membaca. Produk dari pengembangan ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan motivasi kepada siswa inklusi agar mereka mampu meningkatkan belajarnya dengan media yang interaktif dan komunikatif, serta untuk mempermudah guru pendamping dan orangtua siswa inklusi dalam membantu belajar siswa dirumah secara mandiri.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2011). Pedoman umum penyelenggaraan pendidikan insklusif. Departement Pendidikan Nasional, 70, 1–36.

Annisa, I., & Iswari, M. (2020). Efektivitas Media Quiet Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 112–117.

Safaat H, Nazruddin (2015). Aplikasi Berbasis Android; Berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android. Informatika Bandung

Safaat H, N. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform. Informatika.

Roedevan. (2018). Unity Tutorial Game Engine. Informatika Bandung.

Murtikah, D., & Djuniadi. (2016). Pengembangan Aplikasi Percakapan Bahasa Inggris Dasar Berbentuk Visual Novel Menggunakan Unity 3D. JURNAL DIGIT Vol., 6(1), 1–10. http://jurnaldigit.org/index.php/DIGIT/article/view/34/20

Nursanti, A. A., P, M. I., & Ardhyantama, V. (2020). Penggunaan media kartu kata dalam keterampilan membaca permulaan pada siswa lamban belajar (slow learner) kelas III SD negeri 1 Pringuku tahun pelajaran 2019 / 2020. 1–9. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/232/1/APRILIA ANGGRAENI NURSANTI_PGSD_AR2020.pdf

Sardiman, A. M. (2010). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Arsyad. (2003). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada

Pribadi, B. . (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana

Rizkiana, R., & Khumaedi, M. (2020). Keefektifan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Gambar Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 20(2), 81–84. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/27939

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet

Putrawangsa. (2002). Desain Pembelajaran. Desain Research Sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. Reka Karya Amerta.

Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Model Addie Menggunakan Software Unity 3D. Jurnal Education and Development Institut, 9(4), 433–438.

MBA Riduwan, (2007), “Skala pengukuran variabel-variabel penelitian”, Bandung: Alfabeta, cet.9; h.1