Sistem Informasi Wisata Kab. Semarang melalui Chatbot dengan Framework Rasa

Sania Villasari
Jati Sasongko Wibowo


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4453

Abstract


Chatbot merupakan sistem cerdas yang membantu user berupa interaksi untuk menyampaikan suatu informasi dengan mesin melalui media tulisan. Paper ini meneliti penggunaan chatbot untuk sistem informasi beberapa wisata yang berada di Kab. Semarang. Wisatawan yang hendak berkunjung akan mudah untuk mencari detail informasi seperti medan tempat wisata. Pemanfaatan chatbot ini dikembangkan dengan framework rasa.ai yang mudah untuk di integrasikan dengan platform sosial media. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan proses pengumpulan data hasil wawancara untuk memperoleh pemahaman informasi yang nyata, sedangkan studi pustaka proses arahan landasan teori untuk mengidentifikasi sumber literatur yang relevan seperti pada jurnal ilmiah. Dalam perancangan chatbot menggunakan framework rasa ini kita dimudahkan oleh platform Open-source Rasa.ai kita tidak perlu menyiapkan proses dalam pembangunan chatbot. Framework membuat kerangka dan kita langsung input dataset seputar wisata serta dapat integrasikan dengan api platform sosial media sesuai kebutuhan. Tingkat akurasi menggunakan framework ini dapat diuji dari hasil running sistem chatbot yang dibuat. Dibuktikan dengan hasil akurasi uji  7 topik dan 35 pertanyaan untuk diperoleh accuracy sebesar 1.00 yang menandakan jika model chatbot ini memiliki ketepatan yang tinggi. Proses pengujian berhasil dilakukan dengan cara user memasukan pertanyaan sehingga tercapainya untuk memberikan jawaban informasi seputar wisata di Kab. Semarang.


Keywords


artificial intelligence; chatbot; framework ra-sa; sistem informasi.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Anindyati Laksmi. (2023). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa dan Sistem Informasi pemeliharaan Aplikasi(Studi Kasus: Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Astra).

Itonsaputri Mutiara Zaafira, Randy Erfa, Ratna Astuti. (2023). Implementasi Rasa Chatbot Layanan Akademik.

Ramadhan Hendri. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Informasi Objek Wisata Kabupaten Kuantan Singsingi.

Dr. Fibriasari Hesti, Bakti Dwi W, dkk. (2022). Membangun Chatter Robot (Chatbot) Whatsapp dan Telegram untuk Informasi Pariwisata.

Rohim N, Eri Zuliarso. (2022). Penerapan Algoritma Deep Learning Untuk Pengembangan Chatbot Yang Digunakan Untuk Konsultasi dan Pengenalan Tentang Virus Covid-19.

Anindyati Laksmi. (2023). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa dan Sistem Informasi pemeliharaan Aplikasi(Studi Kasus: Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Astra).

Ruindungan Dirko G, Agustinus Jacobus. (2021). Chatbot Development for an Interactive Academi Information Service Using the Rasa Open-Source Framework.

Effortlessly Build Chatbots With Rasa 2.0:A Step-by-step Tutorial. (2020), Effortlessly Build Chatbots With Rasa 2.0: A Step-by-Step Tutorial | by Abhishek Verma | Towards Data Science.

Sari Bunga P, Tuhfatussalisah, dkk. (2020). Implementasi Algoritma Booyer-Moore Pada Chatbot Wisata Yogyakarta.

Pradana Zein Hanni, Hanin Nafi’ah, dkk. (2021). Chatbot-based Information Service using RASA Open-Source Framework in Prambanan Temple Tourism Object.

Hakim M. dkk. (2022). Chatbot Knowledge – Based Museum Recommender System (Case Study: Museum In Jakarta).

Sholahuddin Muhammad Rizqi, Firas Atqiya. (2022). Sistem Tanya Jawab Konsultasi Shalat Berbasis RASA Natural Languange Understanding (NLU).

Mukrodin, Nurul Mega Sasmita. (2021). Artificial Intelligence Dalam Aplikasi Chatbot sebagai Helpdest Obyek Wisata Dengan Permodelan Natural Language Processing (Studi Kasus: Kabupaten Cilacap).

Effortlessly Build Chatbots With Rasa 2.0:A Step-by-step Tutorial. (2020), Effortlessly Build Chatbots With Rasa 2.0: A Step-by-Step Tutorial | by Abhishek Verma | Towards Data Science.

Rohim N, Eri Zuliarso. (2022). Penerapan Algoritma Deep Learning Untuk Pengembangan Chatbot Yang Digunakan Untuk Konsultasi dan Pengenalan Tentang Virus Covid-19.

Wijayanto Rizkey, dkk. (2020). Pembangunan Sistem Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Malang berbasis Web.