PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL

Mochamad Cholik
Susi Tri Umaroh


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4121

Abstract


Penelitian ini membahas penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya di Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran. Media pembelajaran menjadi elemen penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu pendidik untuk menggali wawasan yang lebih luas. Penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi dapat membantu mahasiswa memahami materi dengan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi di Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui survei. Sampel penelitian adalah 35 mahasiswa yang memenuhi kriteria tertentu. Setelah kuesioner dibagikan, data hasil kuesioner dianalisis menggunakan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas dan efektif menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi.

Keywords


video animasi; media pembelajaran; perguru-an tinggi

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


F. A. Zahwa and I. Syafi’i, “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran,” J. Penelit. Pendidik. dan Ekon., vol. 19, no. 01, pp. 61–78, 2022.

M. Nurdyansyah, S. Masitoh, and B. Bachri, “Problem Solving Model with Integration Pattern: Student’s Problem Solving Capability,” vol. 173, no. Icei 2017, pp. 258–261, 2018, doi: 10.2991/icei-17.2018.67.

E. Widianto, A. A. Husna, A. N. Sasami, E. F. Rizkia, F. K. Dewi, and S. A. I. Cahyani, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Educ. Teach., vol. 2, no. 02, pp. 213–224, 2021.

R. Wahyuningtyas and B. S. Sulasmono, “Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 23–27, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.77.

T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

A. Budiman, A. Arifin, and F. Marlianto, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 133, 2019, doi: 10.32672/jnkti.v2i2.1556.

J. W. Creswell, Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), 26th ed. Bandung: Alfabeta, 2018.

M. C. Deva Ningrum, O. Febrianti, S. R. Ariyanto, M. Annasrulloh, and M. Y. Pratama, “Analisis Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI,” J. PROFIT Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. 9, no. 1, pp. 1–6, May 2022, doi: 10.36706/jp.v9i1.15884.

Z. A. Achmad, M. I. D. Fanani, G. Z. Wali, and R. Nadhifah, “Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19,” JCommsci - J. Media Commun. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 54–67, 2021, doi: 10.29303/jcommsci.v4i2.121.

N. Q. Panjaitan, E. Yetti, and Y. Nurani, “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 588, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.404.

F. P. Rachmavita, “Interactive media-based video animation and student learning motivation in mathematics,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1663, no. 1, p. 012040, Oct. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1663/1/012040.

N. K. P. Laksmi, I. K. A. Yasa, and K. A. M. Mirayani, “The Use of Animation Video as Learning Media for Young Learners to Improve Efl Students’ Motivation in Learning English,” Lingua, vol. 17, no. 1, pp. 42–52, Jun. 2021, doi: 10.34005/lingua.v17i1.1378.

M. E. Ismail, I. Irwan Mahazir, H. Othman, M. H. Amiruddin, and A. Ariffin, “The use of animation video in teaching to enhance the imagination and visualization of student in engineering drawing,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 203, p. 012023, May 2017, doi: 10.1088/1757-899X/203/1/012023.

E. S. Nuni, F. Indoshi, J. Rabari, and M. Kangahi, “Effectiveness of animated video on Secondary School students’ Conceptualization of Electronics in Kakamega-County of Kenya,” Noveltyjournals.Com, vol. 6, no. 6, pp. 5–11, 2019, [Online]. Available: https://www.noveltyjournals.com/upload/paper/Effectiveness of animated video-2102.pdf

R. Resti and C. Rachmijati, “Analysis The Use of Instructional Media on Teaching English to Young Learner at Elementary School in Bandung,” Proj. (Professional J. English Educ., vol. 3, no. 4, p. 453, Jul. 2020, doi: 10.22460/project.v3i4.p453-458.

M. Agustin, R. Setiyadi, and R. D. Puspita, “Burnout Profile of Elementary School Teacher Education Students (Estes): Factors and Implication of Guidance and Counseling Services,” PrimaryEdu - J. Prim. Educ., vol. 4, no. 1, p. 38, 2020, doi: 10.22460/pej.v4i1.1640.

E. Supratman and F. Purwaningtias, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 3, pp. 310–315, 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i3.958.

Z. Zulherman, G. Amirulloh, A. Purnomo, G. B. Aji, and S. Supriansyah, “Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 9, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.24815/jpsi.v9i1.18218.

A. A. Ardiansyah, N. Kosim, and A. Hermawan, “The Use of Animated Videos in Increasing the Arabic Learning Interest,” Al-Ta’rib J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, vol. 10, no. 1, pp. 35–50, 2022, doi: 10.23971/altarib.v10i1.3942.

I. A. Kuncoro and Y. M. Hidayati, “Learning Videos Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes on Animal Life Cycle Materials,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 5, no. 2, p. 299, 2021, doi: 10.23887/jisd.v5i2.34107.

B. S. Hadi, M. M. Azis, C. A. Ramadhana, M. F. Ilham, S. R. Ariyanto, and M. Y. Pratama, “Analisis Penggunaan Media Online Dalam Mendukung Keterlaksanaan Pembelajaran Di Universitas Bhinneka PGRI,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 2, pp. 583–588, May 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i2.2890.

L. Retnawati, F. Pratama, T. Widiartin, N. W. Karyanto, and A. K. Adisusilo, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya,” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdi. dan Penerapan IPTEK), vol. 5, no. 1, pp. 35–44, 2021, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700.

J. Bello-Bravo, M. Tamò, E. A. Dannon, and B. R. Pittendrigh, “An assessment of learning gains from educational animated videos versus traditional extension presentations among farmers in Benin*,” Inf. Technol. Dev., vol. 24, no. 2, pp. 224–244, 2018, doi: 10.1080/02681102.2017.1298077.

F. F. N. Fisabilillah and N. C. Sakti, “Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 1271–1282, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i4.562.

E. Y. Andriani, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuam Berikir tingkat tinggi dan hasil Belajar di Sekolah Dasar,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 509, pp. 31–36, 2019.