PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA KULIAH SISTEM OPERASI

Fadlul Amdhi Yul


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i1.3906

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Dengan memanfaatkan teknologi media pembelajaran berperan untuk menunjang dalam peningkatan hasil belajar siswa. Maka, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat media pembelajaran berbasis android sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan dalam pembelajaran matakuliah system operasi. Dengan menggunakan metode penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mencari tahu kelayakan dan keefektifan system yang telah dibuat. Desain pengembangan menggunakan adaptasi dari model Luther yang terdiri dari enam tahap kegiatan yaitu: konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, uji coba dan distribusi. Dari hasil penelitian didapatkan kelayakan media pembelajaran berbasis android yaitu dari aspek desain 4,385 artinya Baik, aspek software 4,667 artinya baik dan aspek manfaat 4,125 yang artinya baik dan untuk hasil keseluruhan adalah 4,375 yang artinya media ini layak digunakan dan diterapkan pada mata kuliah sistem operasi

Keywords


pengembangan; media android; sistem operasi

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Supriyono, PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD, Edustream, vol. 2, no. 1, pp. 4348, Aug. 2018.

J. Kuswanto, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS KE-LAS X, 2020.

R. Arliza, I. Setiawan, and A. Yani, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL PENDIDIKAN GEOGRAFI, Jurnal PETIK, vol. 5, no. 1, pp. 201977, 2019.

A. Harianto and Y. Khery, Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BER-BASIS ANDROID UNTUK PENUMBUHAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA, 2017. [Online]. Available: http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/hydrogen/index

D. Irfani et al., PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA OPERASI PADA MATRIKS, Fibonacci, 2021, doi: 10.24853/fbc.7.1.51-60.

L. M. S. Y. K. P. Muammad Wasil, Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Homestay di Lombok Timur Berbasis Android, nfotek?: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 3, no. 1, pp. 1519, 2020.

R. Arliza, I. Setiawan, and A. Yani, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL PENDIDIKAN GEOGRAFI, Jurnal PETIK, vol. 5, no. 1, pp. 201977.