IMPLEMENTASI APLIKASI JUPYTER NOTEBOOK SEBAGAI ANALISIS KRETERIA PLAGIASI DENGAN TEKNIK SIMANTIK

Reva Riani Asyrofi
Rakha Asyrofi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3699

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan aplikasi plagiasi pada artikel ilmiah pada jurnal terakreditasi sinta menggunakan program aplikasi jupyter notebook. Aplikasi ini dibuat dengan  kolaborasi aplikasi jupyter notebook dengan google drive dengan teknik analisis semantik. Harapan aplikasi ini dapat membantu para peneliti data untuk mendapatkan fakta data yang sebenarnya dari segi plagiasi artikel ilmiah dan segi perluasan maknanya. Metode penelitian ini menggunakan metode gabungan antara metode kuantitatif dan metode  kualitatif  dengan menyajian data berupa hasil perhitungan dan deskripsi sedangkan model pengembangan penelitian ini menggunakan model waterfall dengan sasaran mahasiswa universitas muhammadiyah surabaya. Hasil dari uji kelayakan aplikasi plagiasi menggunakan jupyter notebook oleh ahli materi didapatkan prosentase sebesar 80% sedangkan ahli media didapatkan prosentase sebesar 81% sehingga kreteria dari para ahli dapat dikategorikan layak. Pada uji coba kelompok kecil didapatkan rerata prosentase sebesar 88% dengan kategori layak serta uji coba pada kelompok besar didapatkan rerata prosentase sebesar 89% dengan kreteria layak. Adapun hasil analisis plagiasi artikel ilmiah setelah penggunaan aplikasi plagiasi menggunakan jupyter notebook menunjukkan bahwa pada persamaan makna artikel ilmiah terakreditasi pada Sinta 2 dan 3 sebesar 50,33% dengan kategori Cukup mirip, sinta 2 dan 4 serta sinta 2 dan 5 dengan kategori mirip, sinta 3 dan 4 serta sinta 3 dan 5 dikategorikan sangat tidak mirip sedangkan sinta 4 dan 5 sebesar 87,73% dikategorikan mirip. Pada analisis perluasan makna artikel ilmiah terakreditasi didapatkan sinta 2 sampai sinta 5 yang cukup mirip bagian abstrak, sedangkan pada bagian judul, kata kunci, rumusan masalah, latar belakang, landasan teori, meotde, pembahasan dan simpulan dikategorikan mirip.

Keywords


analisis; aplikasi plagiasi; program jupyter notebook; semantik

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Peniarsih. (2017). Cloud Computing Technologies and Business Opportunities. Webpage, 17, 13

Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058

Faizuddin, H. (2017). Plagiarism dalam Karya atau Publikasi Ilmiah dan Langkah Strategis Pencegahannya Faizuddin. Libria, 9(1), 103–114.

Rachmanidah, A., & Rohmiyati, Y. (2018). Analisis Tingkat Plagiarisme Karya Ilmiah Jurnal Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UNDIP Tahun 2015-2016 dengan Software Turnitin. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(3), 11–20. https://ejournal3.undip.ac.id

Setiabudidaya, D. (2018). Penggunaan Piranti Lunak Jupyter Notebook. 2–5.

Panyahuti, P., & Yadi, Y. (2022). Pengembangan Aplikasi E-Assessment Skill Programming berbasis Web. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(1), 78–87. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5393

Radhi, M., Amalia, A., Sitompul, D. R. H., Sinurat, S. H., & Indra, E. (2022). Analisis Big Data Dengan Metode Exploratory Data Analysis (Eda) Dan Metode Visualisasi Menggunakan Jupyter notebook . Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA), 4(2), 23–27. https://doi.org/10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v4i2.2475

Sholeh, M., Suraya, S., & Andayati, D. (2022). Machine Linear untuk Analisis Regresi Linier Biaya Asuransi Kesehatan dengan Menggunakan Python Jupyter Notebook. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 8(1), 20–27. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/48822

SINTA. 2022. “SINTA - Science and Technology Index.” Retrieved January 5, 2022 (https://sinta.kemdikbud.go.id/).

Yulianti, Y., Adidharma, W., & Neverterry, R. (2021). Aplikasi Teknik Semantik Untuk Meningkatkan Kualitas Master of Ceremony. Jurnal Soshum Insentif, 4(2), 166–176. https://doi.org/10.36787/jsi.v4i2.642

Agustian, S. (2021). Pendekatan Semantik Dalam Deteksi Berbagai Tipe Plagiarisme Pada Dokumen Teks. Jurnal Teknik Informatika, 14(2), 101–114. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti

Devlin, Jacob, Ming Wei Chang, Kenton Lee, and Kristina Toutanova. 2019. “BERT: Pre-Training of Deep Bidirectional Transformers for Language Understanding.” NAACL HLT 2019 - 2019 Conference of the North American Chapter of the Association for Computational Linguistics: Human Language Technologies - Proceedings of the Conference 1(Mlm):4171–86.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Sinta, Website. 2020. “Begini Cara Mengetahui Akreditasi Jurnal Nasional Di SINTA - Dunia Dosen.” Retrieved January 5, 2022 (https://www.duniadosen.com/cara-mengetahui-akreditasi-jurnal/).

Arikunto, S. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Islam. In Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 2, Issue 1, pp. 65–74). https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817

Sulistyaningsih, L. (2017). Plagiarisme, Upaya Pencegahan, Penanggulangan Dan Solusinya. Jurnal Pustaka Ilmiah, 3(3), 320–328. https://jurnal.uns.ac.id/jurnalpustakailmiah/article/viewFile/33680/22218

Sapti, M. (2019). Perilaku Plagiarisme di Kalangan Mahasiswa Magister. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699.

Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57

http://lipi.go.id/berita/single/Ini-Link-Daftar-Jurnal-Ilmiah-Terakreditasi-di-Indonesia/7664