SISTEM INFORMASI MONITORING MARKETING PADA CV DAMAY RAYA BERBASIS WEB

Carles Adi Pranata
Ahmad Jazuli
Tutik Khotimah


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3683

Abstract


Dalam aktifitas perusahaan CV Damay Raya melakukan sebuah pemantauan (monitoring) terhadap marketing, dan juga melihat aktifitas yang telah diikuti serta melakukan evaluasi. Di dalam monitoring marketing masih dilakukan dengan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam pengecekan aktifitas. Maka dari itu penulis melakukan penelitian dengan tujuan membangun sistem informasi monitoring marketing untuk merubah aktifitas yang dilakukan secara manual menjadi terkomputerisasi. Dalam penelitian ini untuk pengambilan sumber data primer penulis menggunakan metode wawancara dan observasi. Metodologi SDLC (waterfall) digunakan dalam pengembangan sistem penelitian ini. Metode ini sering juga disebut model sekuensial linier (sequentinal linier) atau alur hidup klasik (classic life cycle), dan pengujian sistem yang dilakukan menggunakan metode Black Box dan kuisoner terhadap beberapa karyawan yang menggunakan aplikasi  yang terdiri dari 1 admin, 1 BDO dan 2 MIO di dapat nilai skor akhir 178 dengan itu total skor tertinggi adalah 200 untuk rata – rata skor jumlahnya 89%, hasil pengujian menunjukkan aplikasi ini berjalan dengan baik. Penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perancangan Sistem informasi monitoring market-ing berbasis web bermanfaat dalam melakukan monitoring, dan mempermudah dalam membuat laporan harian atau bu-lanan serta bisa mengevaluasi setiap kegiatan yang berjalan.

Keywords


Sistem Monitoring; Marketing; Web

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Hurrijal, Ahsanus Syek. 2020. Sistem Informasi Monitoring Sales Berbasis Web Pada PT. Arifindo Mandiri TDC Pamanukan. Jurmal FIKI. Vol. 10 No. 2, Universitas Subang, Subang.

A, Dyah. 2020. Sistem Monitoring Kegiatan Akademik Siswa Menggunakan Website, Jurnal Teknokompak. Vol. 14 , Universitas Teknokrat Indonesia, Bandar Lampung..

Ningrum, Dwi Cahya. 2019. Pembangunan Sistem Informasi Monitoring Sales Pada CV. Dunia Sandang. Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi

Nurkarima, Iin. 2020. Sistem Monitoring Penelusuran Minat dan Bakat Mahasiswa. Jurnal Explore. Vol 10 No. 2, Universitas Mulawar-man, Kota Samarinda.

Haryono, Kholid. 2017. Sistem Informasi Monitoring Wiraniaga. Jurnal Masyarakat Informatika (Jumanji). Vol. 01 No. 1, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Prawira, Satria Yudha. 2018. Pembangunan Sistem Informasi Monitoring Distribusi Pada PT. Bimandiri Agro Sedaya. Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi.. P. Wigner, “Theory of traveling-wave optical laser,”Phys. Rev.,

vol. 134, hal. A635–A646, Dec. 1965.

Firmansyah, Yoki. 2021. Sistem Informasi Monitoring Siswa Sebagai Media Pengawasan Orang Tua Berbasis Website. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), Vol. 5 No. 1, Pontianak, Kalimantan Barat.

Yendriki, Septiyani. 2021. Aplikasi Monitoring Kinerja Pegawai Pada Dinas Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Pelalawan, Skripsi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.

Rahayu, Nurlaila Suci. 2020. Implementasi Sistem Informasi Monitoring Pengolahan Data Inventory Gudang Pada PT. Talaga Mulya In-dah. Jurnal Vol 6 No. 2, Universitas Raharja

Agung, Lalu Muhammad. 2019. Sistem Informasi Penilaian dan Monitoring Kinerja Aparatur Sipil Negara Kota Mataram (Studi Kasus Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Mataram). Jurnal J-COSINE, Vol. 3, No. 1, Universitas Mataram, Lombok NTT.