PERANCANGAN BACKUP-LINK MENGGUNAKAN METODE VRRP PADA JARINGAN VLAN DALAM PENYEDIAAN REDUNDANCY PADA LAYER 3

Arif Wahyu Prasetia
Wiwin Soelistyo


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3624

Abstract


Dalam Penyediaan Jaringan redundan diperlukan parameter agar digunakan sebagai acuan untuk menilai kualitas jaringan disebut Quality of Service(QoS). Beberapa parameter yang mempengaruhi QoS antara lain delay, dan packet loss pada jaringan internet.maka untuk meningkatkan kualitas layanan jaringan maka harus sesuai dengan parameter Quality of Service. Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk tujuan redundancy antar router, Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP) akan menjamin ketersediaan yang tinggi dan meminimalisir kegegalan pada salah satu perangkat jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang protocol VRRP untuk menyediakan jaringan yang redundan di MAN 1 Semarang. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata delay sebesar 55ms dan Packet Loss sebesar 0,075%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa protocol VRRP sangat baik diterapkan sebagai back up link pada topologi jaringan MAN 1 Semarang.
Kata Kunci: Back-Up Link, VRRP, Vlan


Keywords


Back-Up Link; VRRP; Vlan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


APIJI, "Laporan Survei Internet Indonesia," Jakarta, 2020.

D. F. Riyadi, "Analisa Performansi Quality Of Service Pada Virtual Router Redundancy Protocol Menggunakan Mikrotik Routerboard," Universitas Dian Nuswantoro, 2013.

M. Y. Choirullah, M. Anif and A. Rochadi, "Analisis Kualitas Layanan Virtual Router Redundancy Protocol Menggunakan Mikrotik pada Jaringan VLAN," Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (INTETI), 2017.

M. Y. Choirullah, M. Anif and A. Roba, "Analisis Kualitas Layanan Virtual Router Redundancy Protocol Menggunakan Mikrotik pada Jaringan VLAN," Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 2016.

C. A. Pamungkas, "Manajemen Bandwith Menggunakan Mikrotik Routerboard," Jurnal INFORMA Politeknik Indonesia Surakarta, vol. 1, no. 3, pp. 17-22, 2016.

S. Halawa, "Perancangan Aplikasi Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Komputer Dan JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)," JURIKOM, 2016.

C. Muallifah and L. Yulianto, "Pembuatan Jaringan Local Area Network Pada Laboratorium MA Pembangunan Kikil Arjosari," Indonesian Journal on Networking and Security, 2013.

N. Lukman, "Studi Implementasi Aplikasi Manajemen Ruang Kelas "Netop School" Berbasiskan Local Area Network (LAN)," Jurnal Sains dan Teknologi, vol. XI, no. 1, pp. 1-14, 2016.

"VRRP," 2018. [Online]. Available: https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Interface/VRRP. [Accessed 29 August 2021].

R. H. Saputra, A. G. Permana and M. Iqbal, "Implementasi dan Analisis Virtual Router Redundancy Protocol Version 3 (VRRPv3) IPV6 Dengan Menggunakan Small Form-Factor Pluggable Optic Untuk Layanan Data Tugas Akhir Universitas Telkom," Universitas Telkom, 2015.