PREDIKSI TINGKAT KEMENANGAN MOBILE LEGENDS PROFESIONAL LEAGUE INDONESIA SEASON 9 DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Samuel Bayulianto
Intan Purnamasari
Mohamad Jajuli


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3562

Abstract


Mobile Legends Profesional League Indonesia Season 9 merupakan ajang kompetisi permainan Mobile Legends :Bang Bang bersistem liga yang berlangsung di Indonesia dan sudah berjalan selama 9 musim. Permainan yang dipergunakan dalam pergelaran Mobile Legends Profesional League Indonesia yaitu Mobile Legends :Bang Bang. Mobile Legends :Bang Bang merupakan permainan bergenre MOBA. Beberapa permasalahan yang ada pada permainan yaitu kemenangan dan kekalahan. Tujuan penelitian ini adalah memprediksi tingkat kemenangan tim dalam setiap pertandingan dalam Mobile Legends Profesional League Indonesia Season 9. Naïve Bayes digunakan sebagai model algoritma prediksi pada penelitian ini dan CRISP-DM digunakan sebagai metode penelitian ini. CRISP-DM Memiliki enam tahapan proses yaitu 1) Business Understanding, 2) Data Understanding, 3) Data Preparation, 4) Modelling, 5) Evaluation, 6) Deployment. Hasil penelitian yaitu hasil dari prediksi pertandingan Mobile Legends Profesional League Indonesia Season 9. Hasil yang diperoleh ini berupa nilai akurasi, nilai presisi, dan nilai recall. Hasil prediksi perstatistik hero yang diperoleh ialah nilai akurasi 1.0, presisi 1.0 dan recall 1.0.

Keywords


Mobile Legends; Naïve Bayes; Prediksi

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Wilem. M., Abdul. I., Heriadi, “Pengaruh Komposisi Data Training dan Testing terhadap Akurasi Algoritma C4.5,” dalam Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi , Makassar, Indonesia, 2021, hal 186.

Rohmawati. F., Rohman. G., Mujilahwati. S, “Sistem Prediksi Jumlah Pengunjung Wisata Wego Kec.Sugio Kab.Lamongan Menggunakan Metode Fuzzy Time Series,” dalam JOUTICLA, Vol. 3, no. 2, Indonesia, 2017.

Annur. H, “Klasifikasi Masyarakat Miskin Menggunakan Metode Naïve Bayes,” dalam ILKOM, Vol. 10, no. 2, Indonesia, 2018.

Nur. H., Sri. M, “Penerapan Naïve Bayes untuk Klasifikasi Data Penyakit Pada Anak,” dalam UII, Vol. 3, no. 1, Indonesia, 2022.

Widaningsih. S, “Perbandingan Metode Data Mining untuk Prediksi Nilai dan Waktu Kelulusan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika dengan Menggunakan Algoritma C4.5, Naïve Bayes, KNN, dan SVM,” dalam Tekno Insentif, Vol. 13, No.1, Hal 16-25, Indonesia, 2019.

Herodion. S., Kemas. M. L, “ Analisis Sentimen pada Twitter untuk Games Online Mobile Legends dan Arena of Valor dengan Metode Naïve Bayes Classifier,” dalam e-Proceeding of Engineering, Vol. 5, No.3, Hal 8131, Indonesia, 2018.

Farid. M., Jatnika. H., Valentino. B, ” Penerapan Algoritma Naïve Bayes Pada Sistem Prediksi Tingkat Kelulusan Peserta Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS),” dalam Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, Vol. 12, No. 2, Indonesia, 2019.

Hutagaol. B, “ Apa itu Mobile Legends: Bang Bang?, “. 2018. https://esportsnesia.com/game/mobile-legends/apa-itu-mobile-legends/

Thoriq. A., Setiawan H, “ Penggunaan Metode Naïve Bayes untuk Memprediksi Tingkat Kemenangan pada Game Mobile Legends, “ dalam Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, Vol. 4, No. 1, Indonesia, 2021.

Hariati., Wati. M., Cahyono. B, “Penerapan Algoritma C4.5 pada Penentuan Penerima Program Bantuan Pemerintah Daerah di Kabupaten Kutai Kartanegars, “ dalam JURTI, Vol.2, No.2, Hal 106-114, Indonesia, 2018.

Kade. I, “ CRISP DM Sebagai Salah Satu Standard untuk Menghasilkan Data Driven Decision Making yang Berkualitas, ”. 2022. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15134/CRISP-DM-Sebagai-Salah-Satu-Standard-untuk-Menghasilkan-Data-Driven-Decision-Making-yang-Berkualitas.html

Normawati. D., Prayogi. S, “ Implementasi Naïve Bayes Classifier dan Confusion Matrix Pada Analis Sentimen Berbasis Teks pada Twitter, “ dalam J-SAKTI, Vol.5, No.2, Indonesia, 2021.