RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PEMERIKSAAN DAN PERAWATAN GIGI BERBASIS WEBSITE

Hanifah Elvira
Maryam Maryam


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3558

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia semakin meningkat. Sistem yang bersifat real-time dan online meningkatkan efisiensi dan kinerja proses dibandingkan dengan proses manual yang membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga, serta proses pencarian data yang lebih sulit dan memakan waktu.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem pemesanan pemeriksaan dan perawatan gigi berbasis website untuk mempermudah pasien dalam proses pemesanan. Digitalisasi menjadi sangat diperlukan dalam pemesanan di klinik agar pemesanan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga data cepat diproses. Alur dan sistem pemesanan pemeriksaan dan perawatan gigi ini adalah pengunjung yang akan booking harus memiliki akun, setelah membuat akun dan   berhasil login pengunjung mengisi data reservasi lalu pengunjung akan dapat melihat status pada berada di akun tersebut. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle Waterfall, mengunakan framework Laravel, bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Pada sistem pemesanan ini terdapat fitur reservasi untuk melakukan pemesanan, reschedule, melihat jadwal yang telah dipesan, melihat status antrian, dan melihat data history. Hasil yang diperoleh setelah pengujian blackbox menunjukan bahwa sistem dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Pengujian SUS dengan memberikan kuesioner SUS kepada 30 responden dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 78, dimana sistem ini layak untuk digunakan. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis, perancangan, dan implementasinya, sistem sudah layak digunakan dan dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pemesanan perawatan gigi.

Keywords


Sistem Informasi; Pemesanan; Dental Care; Waterfall

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


M. M. Gultom and Maryam, “Sistem Informasi Penjualan Material Bangunan Pada Toko Bangunan Berkah Information System of Sales Building Material ( Case Study : Berkah Building Shop ),” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 79–86, 2020.

D. A. Febrianto, S. D. Budiwati, and T. D. Tambunan, “Aplikasi Penjualan Produk Kecantikan dan Konsultasi Berbasis Web di,” vol. 3, no. 3, pp. 1583–1594, 2017.

E. A. Nanda, “PERAWATAN BERKALA KLINIK GIGI ( Studi kasus pada klinik Email Dental Care ),” 2018.

D. F. Munggaran, “Perancangan Sistem Informasi Klinik Gigi Drg. Taofik Hidayat,” 2014.

T. Pricillia and Zulfachmi, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD),” J. Bangkit Indones., vol. 10, no. 1, pp. 6–12, 2021, doi: 10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153.

A. Gunanto and E. Sudarmilah, “Pengembangan Website E-Arsip di Kantor Kelurahan Pabelan,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 20, no. 2, pp. 90–96, 2020, doi: 10.23917/emitor.v20i02.10976.

W. W. Royce, “Managing the Development of Large Software Systems (1970),” Ideas That Creat. Futur., no. August, pp. 321–332, 2021, doi: 10.7551/mitpress/12274.003.00 35.

Aleryani and A. Y. Aleryani, “Comparative Study between Data Flow Diagram and Use Case Diagram Some of the authors of this publication are also working on these related projects: 1000 Researchers FCIT View project A MODEL TO MEASURE THE IMPACT OF CULTURE ON E-READINESS FOR E-GOVERNMEN,” Int. J. Sci. Res. Publ., vol. 6, no. 3, p. 124, 2016.

G. Booch, J. Rumbaugh, and I. Jacobsen, “UML,” pp. 1–7, 1990.

H. Rohman and S. Sheralinda, “Pengembangan Sistem Informasi Rawat Jalan dan Pelayanan Persalinan di Klinik Berbasis Web,” J. Kesehat. Vokasional, vol. 5, no. 1, p. 53, 2020, doi: 10.22146/jkesvo.50482.

K. Mustofa and T. Yusnanto, “SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN RAWAT JALAN BERBASIS WEB DI KLINIK,” Semin. Inf. Kesehat. Nas., no. 2021: SIKesNas 2021, pp. 283–289, 2021.

N. Rodiana, F. Akbar, and A. Sayfulloh, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pasien Berbasis Web pada Klinik Gigi Lily Jakarta Barat,” Simp. Nas. Ilmu Pengettahuan dan Teknol. 2017, pp. 184–189, 2017.

R. Sopandi, A. Taufik, A. Abdussomad, and R. Kurnia, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Berbasis Web Pada Klinik Johar Kabupaten Karawang,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 2, pp. 61–70, 2019, doi: 10.31294/ijse.v5i2.6958.

A. Verma, A. Khatana, and S. Chaudhary, “A Comparative Study of Black Box Testing and White Box Testing,” Int. J. Comput. Sci. Eng., vol. 5, no. 12, pp. 301–304, 2017, doi: 10.26438/ijcse/v5i12.301304.

J. R. Lewis and J. Sauro, “Item Benchmarks for the System Usability Scale,” J. Usability Stud., vol. 13, no. 3, pp. 158–167, 2018.

M. Mujinga, “System usability scale evaluation of online banking services : A South African study,” vol. 114, no. 3, pp. 1–8, 2018.

A. Mahendra, S. Maryam, and M. Eng, “Sistem Informasi Kasir Pada Bengkel Body Repair Mobil ‘ABP Garage’ Berbasis Website,” 2022.

A. P. Hanifah, Y. Fitrisia, and D. Hajar, “Sistem Informasi Pelayanan Klinik Berbasis Web (Studi Kasus: Klinik Annisa Medika 2),” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 668–673, 2018, doi: 10.29207/resti.v2i3.513.

B. C. Prabawati, H. Rohman, A. S. Anaskhan, P. Kesehatan, and B. Setya, “Pembangunan Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan Klinik Pratama Harapan Sehat Berbasis Web,” Pros. Call Pap. SMIKNAS, no. ISBN 978-602-6363-78-7, pp. 12–22, 2019.