Klasifikasi Laju Pernapasan dan Saturasi Oksigen Menggunakan Regresi Logistik

Alfi Zahra Hafizhah
Sinung Suakanto
Riska Yanu Fa'rifah
Edi Triono Nuryatno


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3481

Abstract


Saturasi oksigen dan laju pernapasan adalah dua parameter dasar yang digunakan untuk menilai kondisi pasien, khususnya pernapasan. Gagal jantung dan COVID-19 adalah beberapa penyakit yang berhubungan dengan dua parameter ini. Gagal jantung memiliki gejala pernapasan spesifik seperti nyeri dada dan sesak napas, yang disebabkan oleh ketidaknormalan pada saturasi oksigen dan laju pernapasan. COVID-19 merupakan penyakit yang baru ditemukan pada tahun 2019 dan penyakit ini juga memiliki keterkaitan yang dekat dengan pernapasan. Jika terinfeksi, COVID-19 dapat menyebabkan acute respiratory distress syndrome (ARDS), pneumonia, dan permasalahan dengan organ tubuh lainnya, yang dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Maka dari itu, kedua parameter ini sangat penting untuk menentukan kondisi pernapasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model regresi logistik untuk mengklasifikasikan kondisi pernapasan pasien menggunakan saturasi oksigen dan laju pernapasan sebagai parameter. Regresi logistik digunakan karena kecocokan dari kelebihan model dengan data yang digunakan dalam penelitian dan algoritma ini dapat menjelaskan pengaruh parameter-parameter independen yang digunakan terhadap parameter dependennya. Kemudian model ini akan di evaluasi menggunakan metode F1-Macro. Penyelesaian penelitian menggunakan CRISP-DM metodologi, serta mempersiapkan data menggunakan metode downsampling dan mengategorikan nilai dari variabel-variabel untuk mendapatkan hasil model yang lebih baik. Akurasi dari model testing adalah 87.5%, sementara akurasi evaluasi menggunakan F1-Macro adalah 87%. Hasil dari penelitian ini juga sudah sesuai dengan teori medis yang dilihat dari interpretasi koefisien saturasi oksigen dan laju pernapasan.


Keywords


regresi logistik; laju pernapasan; saturasi oksigen; klasifikasi kondisi pernapasan; downsampling; undersampling

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


C. Sumiarty and F. A. Sulistyo, "HUBUNGAN RESPIRATORY RATE (RR) DENGAN OXYGEN SATURATION (SpO2) PADA PASIEN CEDERA KEPALA," Jurnal Ilmiah Wijaya, pp. 101-109, 2020.

Isrofah, A. Indriono and I. Mushafiyah, "TIDUR DAN SATURASI OKSIGEN PADA PASIEN CONGESTIVE HEARTH FAILLURE," Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, p. 557–568, 2020.

Website Pemerintah Daerah Jakarta, "corona.jakarta.go.id," 19 Januari 2022. [Online]. Available: https://corona.jakarta.go.id/id/artikel/varian-varian-covid-19-apa-perbedaannya.

M. Ilham, I. Sarwili and S. Kamilah, "Prone Position Dapat Meningkatkan Kadar Saturasi Oksigen Pada Pasien Covid-19," Open access Jakarta Journal of health sciences, pp. 146-152, 2022.

L. Chen, H. Zheng, L. Chen, S. Wu and S. Wang, "National Early Warning Score in Predicting Severe Adverse Outcomes of Emergency Medicine Patients: A Retrospective Cohort Study," Journal of Multidisciplinary Healthcare, pp. 2067-2078, 2021.

R. A. Vinarti and W. Anggraeni, "Identifikasi Faktor Prediksi Diagnosis Tingkat Keganasan Kanker Payudara Metode Stepwise Binary Logistic Regression," Jurnal Informatika, pp. 70-76, 2014.

A. Agresti, An Introduction to Categorical Data Analysis, United States of America: John Wiley & Sons, Inc., 2019.

J. J. Pangaribuan, H. Tanjaya and Kenichi, "MENDETEKSI PENYAKIT JANTUNG MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING DENGAN ALGORITMA LOGISTIC REGRESSION," INFORMATION SYSTEM DEVELOPMENT, 2021.

M. Siavash Bolourani, M. P. Max Brenner, M. Ping Wang, M. M. Thomas McGinn, M. Jamie S Hirsch, M. Douglas Barnaby and T. P. P. M. B. Zanos, "A Machine Learning Prediction Model of Respiratory Failure Within 48 Hours of Patient Admission for COVID-19: Model Development and Validation," Journal of Medical Internet Research, vol. 23, no. 2, 2021.

O. Hassan, S. Shamsir and S. K. Islam, "Machine Learning Based Hardware Model for a Biomedical System for Prediction of Respiratory Failure," in 020 IEEE International Symposium on Medical Measurements and Applications (MeMeA), 2021.

F. B. Tuga Mauritsius, "mmsi.binus.ac.id," 18 September 2020. [Online]. Available: https://mmsi.binus.ac.id/2020/09/18/cross-industry-standard-process-for-data-mining-crisp-dm/.

P. Dr.D.Ramyachitra, "IMBALANCED DATASET CLASSIFICATION AND SOLUTIONS: A REVIEW," International Journal of Computing and Business Research (IJCBR) , vol. 5, no. 4 July 2014, 2014.

Google Developers Courses, "developers.google.com," 1 November 2021. [Online]. Available: https://developers.google.com/machine-learning/data-prep/construct/sampling-splitting/imbalanced-data.

J. R. M. A. Roweida Mohammed, "Machine Learning with Oversampling and Undersampling Techniques: Overview Study and Experimental Results," in 11th International Conference on Information and Communication Systems (ICICS), 2020.

J. W. G. Putra, Pengenalan Konsep Pembelajaran Mesin dan Deep Learning, Tokyo, 2020.

N. Rajagukguk, D. Ispriyanti and Y. Wilandari, "Perbandingan Metode Klasifikasi Regresi Logistik Biner dan Naive Bayes pada Status Pengguna KB di Kota Tegal Tahun 2014," Jurnal Gaussian, pp. 365 - 374, 2015.

G. A. J. Hemmert, L. M. Schons, J. Wieseke and H. Schimmelpfennig, "Log-likelihood-based Pseudo-R^2 in Logistic Regression: Deriving Sample-sensitive Benchmarks," Sociological Methods & Research, pp. 1-25, 2016.

statology, "statology.org," 20 March 2019. [Online]. Available: https://www.statology.org/read-interpret-regression-table/.