ANALISIS USABILITY SISTEM WEB E-OFFICE PADA PT PELABUHAN INDONESIA II MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (STUDI KASUS PT PELABUHAN PALEMBANG)

Selia Tasya
Fatmasari Fatmasari


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i1.3458

Abstract


E-OFFICE adalah sistem website yang hanya dapat diakses oleh karyawan dan digunakan untuk mendukung kegiatan surat menyurat di PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang. Tujuan analisis usability sistem web E-OFFICE untuk menganalisis usability pada website E-OFFICE yang diukur menggunakan 10 variabel metode evaluasi heuristic dan untuknmengetahui kegunaan sistem web E-OFFICE, apakah mudah dipelajari, ketika pengguna berinteraksi dapat dengan mudah mengingat proses/langkah tanpa banyak kerumitan, kesalahan, dan terakhir apakah pengguna merasa nyaman menggunakan situs website tersebut. Populasi penelitian ini adalah pegawai, dengan teknik pengumpulan data kuisioner dan wawancara dengan sampel.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 79 responden. Hasil dari penelitian ini berdasarkan kuisioner yang didapat yaitu terdapat indikator pernyataan yang dinyatakan lemah dan cukup yang ditentukan dari skala interpestasi di persentase 21%-40% dan 41%-60%. Jadi pada penelitian ini harus ada perbaikan di buku manual yang tersedia di website , pada penataan menu harus sesuai, informasi yang diberikan harus update, susunan letak pada menu harus konsisten, tampilan website harus dekoratif, harus ada menu cepat yang fleksibel dan praktis yang tersedia di website. Berdasarkan hasil uji reliabilitas menyatakan bahwa semua variabel pernyataan pada data kuisioner yaitu bersifat reliabel karena nilai Cronbach alpha semua item pernyataan lebih besar dari 0,60 dan penelitian ini dapat digunakan untuk pengujian selanjutnya. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk pengembangan dalam meningkatkan nilai usability dan untuk menyusun strategi dalam meningkatkan kualitas website E-OFFICE.

Keywords


Sistem web; Usability; Heuristic Evaluation

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


P. Rahayu. (Agustus, 2017). Analisis dan Desain Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Salatiga. , hal 8

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Ed.Rev.VI,Cet.14., Jakarta: Rineka Cipta, 2019, hal. 3.

G. Ashila. (2019). User Interface Heuristic Evaluation Pada Sistem Informasi Nasabah Koperasi Mitra Swadaya PT. Gajah Tunggal,Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

A. Syahrul dkk. (2018). Analisis Usability Terhadap Website Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda Dengan Metode Heuristic Evaluation,Skripsi. Palembang: Universitas Palcomtech.

J. Rakhmat, Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Analisis Statistik, Bandung: PT Remaja Rosda-karya, 2009, hal. 8283.

T. K. A. Husna Syaifullah, (November, 2019). Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation, hal. 166.

N. E. R. Megawati Fitri Haryati, (November, 2019). Analisis Usability Repository UIN Suska Riau Menggunakan Metode Heuristic Evaluation, hal. 148150.

H. W. Ernawati L, (Februari, 2016 ). Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Tansaction (Duwit), vol. Vol. 02, No. 01, hal. 53.

H. E. dkk, (September, 2021 ). Analisis Desain User Interface Website Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Dengan Metode Heuristic Evaluation, vol. 11, No.01, hal. 214218.