ARSITEKTUR SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK PADA URUSAN PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF

Shafira Naftania
Soni Fajar Surya Gumilang
Ridha Hanafi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3452

Abstract


Teknologi informasi terus mengalami perkembangan di berbagai sektor, tidak terkecuali pada sektor pemerintahan. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, kegiatan pemerintahan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Penerapan teknologi informasi akan membantu pemerintahan dalam mengolah informasi yang kemudian disediakan sebagai layanan baik layanan administrasi pemerintahan maupun layanan publik. Pemanfaatan TI pada sektor pemerintahan mulai menjadi perhatian di Indonesia dengan adanya pedoman Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dengan adanya SPBE, pencapaian visi dan misi serta target pencapaian setiap provinsi di Indonesia menjadi lebih cepat dan mudah. Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu organisasi perangkat daerah yang harus memenuhi ketentuan SPBE. Disperkim Provinsi Jawa Barat memiliki 4 (empat) bidang yang beroperasi yaitu bidang perumahan, bidang kawasan permukiman, bidang infrastruktur permukiman, dan bidang pertanahan. Keempat bidang tersebut menjalankan tugas dan fungsinya dengan tujuan untuk memenuhi target pencapaian kualitas pelayanan pada urusan perumahan permukiman yang tertuang pada indikator kinerja utama Disperkim Jawa Barat. Namun belakangan ini terdapat indikator kinerja utama yang tidak memenuhi target yaitu pada tingkat kualitas kawasan permukiman yang disebabkan oleh kurang efektifnya penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan operasional pada urusan kawasan permukiman. Oleh karena itu, dilakukan penelitian guna memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan metode design science recearch. Dengan menerapkan perancangan arsitektur SPBE berbasis TOGAF ADM yang meliputi domain arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknologi, penelitian ini akan menghasilkan blueprint arsitektur SPBE sebagai solusi dalam pemecahan permasalahan tersebut sekaligus sebagai perencanaan improvement kegiatan operasional Disperkim Jawa Barat. Pada penelitian ini akan memanfaatkan aplikasi target satu pintu untuk layanan publik Provinsi Jawa Barat, yaitu aplikasi mobile Sapawarga.

Keywords


enterprise architecture, Disperkim, SPBE, TOGAF

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


A. P. N. M. S. Ronal Watrianthos, "MODEL e-GOVERNMENT PEMERINTAHAN DESA," Majalah Ilmiah UNIKOM, 2019.

R. F. Elsa Prisanda, "Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikai Berbasi Aplikasi SISPEDAL Dalam Rangka Mewujudkan Good Village Governance," Journal of Governance Innovation, pp. 154-170, 2019.

Z. Fahlefi, "Penerapan Teknologi Informasi Bagi Pelaksanaan Pelayanan Publik," Jurnal Paradigma, pp. 155-166, 2014 .

R. F. F. Win Dany Novan, "ANALISIS DAN PENYUSUNAN RANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF PADA BIDANG JASA KONSTRUKSI PADA DINAS BINA MARGA DAN PENATAAN RUANG JAWA BARAT," e-Proceeding of Engineering, vol. 8, pp. 2633-2646, 2021.

U. Nations, "UNITED NATIONS E-GOVERNMENT SURVEY 2020," United Nations, New York, 2020.

"Analisis dan Perancangan Enterprise Architecture Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pada Bidang Infrastruktur Permukiman Menggunakan TOGAF ADM," e-Proceeding of Engineering, vol. 7, pp. 6679-6688, 2020.

F. B. M. I. Fiana Fazriani, "ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK PADA BIDANG PERUMAHAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM 9.1 (STUDI KASUS: DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN PERMUKIMAN PROVINSI JAWA BARAT)," e-Proceeding of Engineering, vol. 7, pp. 6699-6708, 2020.

P. R. Indonesia, "Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95," Indonesia, 2018.

T. O. Group, "The TOGAF Standard," 2018.

H. Qurratuaini, "Designing enterprise architecture based on TOGAF 9.1 framework. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering," in 1st International Conference on Engineering and Applied Technology (ICEAT) , 2018.

S. F. S. G. R. A. N. Vina Dwiana Putri, "Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pada Domain Aplikasi di Lingkungan Daerah Kabupaten Kuningan," JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 6, pp. 379-386, 2021.

F. B. M. I. Maulana Muhammad Fathoni, "Perancangan Enterprise Architecture Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pada Bidang Pertanahan Menggunakan TOGAF ADM," e-Proceeding of Engineering, pp. 7271-7277, 2020.

R. P. Nadya Safitri, "Pengembangan Kerangka Kerja Arsitektur Enterprise," BINA INSANI ICT JOURNAL, vol. 4, pp. 73-82, 2017.

R. M. N. A. Wildan Faudzan Maulana Haryono, "Perancangan Information System Architecture Menggunakan Togaf Adm Pada Fungsi Promosi (Studi Kasus: Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat)," Fountain of Informatics Journal , vol. 5, 2019.

Y. Mayowan, "PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI DESA (Studi Kasus di Kabupaten Lamongan)," Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 10, 2016.

T. F. R. F. Gabriella Apriliana, "PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM (STUDI KASUS : BANK BPD BALI)," e-Proceeding of Engineering, vol. 6, pp. 8159-8166, 2019.

U. Nations, "UNITED NATIONS E-GOVERNMENT SURVEY 2016," United Nations, New York, 2016.