ALGORITMA CONTENT-BASED FILTERING DAN ALGORITMA MULTILEVEL FEEDBACK QUEUE PADA PROSES PEMESANAN MAKANAN BERBASIS WEB

Aei Dhelwis Okdhianthy Putri
Fauziah Fauziah
Agus Iskandar


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i1.3426

Abstract


Teknologi berkembang dengan cepat. Beriringan dengan cepatnya perkembangan tersebut, kebutuhan manusia juga semakin kompleks tidak terkecuali di bidang bisnis makanan. Kafe dan restoran sedang trending bagi kaum milenial karena menu yang disuguhkan sangat variatif dan cepat penyajiannya. Agar bisnis dapat berkembang, dibutuhkan sistem pemesanan berbasis web agar dapat memberikan kemudahan kepada pelanggan serta promosi yang lebih mudah, terlebih kepada pelanggan muda yang daya belinya tinggi. Dalam mengimplementasikan dan memudahkan pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya, maka perlu adanya penelitian yang memaparkan proses pembuatan suatu sistem pemesanan menu di Grande Resto berbasis web yang fokus pada desain, implementasi dan analisa dengan observasi lapangan studi literatur sistem yang pernah ada, wawancara serta catatan pembelian pelanggan. Sistem yang telah dibuat mampu menghadirkan rekomendasi menu terfavorit/yang sering dipesan oleh pelanggan dengan ujicoba 482 pelanggan. Menu terfavorit/yang banyak dipesan oleh pelanggan adalah Ice green tea dengan 124 pemesanan Ice Choco dengan 123 pemesanan, Ice Black Coffee dengan 117 pemesanan. Selain itu proses yang di berikan oleh sistem dengan tingkat keakurasian perhitungan rekomendasi dengan uji coba 482 pelanggan dengan hasil 99% akurasi. Selain uji coba pelanggan, sistem juga diuji dengan GTMetrix untuk mengetahui kinerja sistem dan hasilnya 100% dengan performa A. Hasil analisa tersebut kemudian dapat diimplementasikan dalam web canggih memakai sistem barcode untuk memesannya dengan metode pengembangan yang digunakan yaitu algoritma Content-based filtering dan algoritma multilevel feedback queue menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Keywords


algoritma content-based filtering; algoritma multilevel feedback queue; PHP; Web

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Pharamita Manesia, Nellly A. H, & Imam Saputra, Perancangan Aplikasi Daftar Menu Restoran Berbasis Android Menggunakan Metode Multilevel Queue, Jurnal Pelita Informatika, Vol. 8, No. 4, Pp. 402-407, 2020.

A. A. Fakhri, Z. K. A. Baizal, & E. B. Setiawan, Restaurant Recommender Sistem Using User-Based Collaborative Filtering Approach: A Case Study At Bandung Raya Region, J. Phys. Conf. Ser., Vol. 1192, No. 1, Pp. 1-7, 2019.

I. W. Jeprina & S. Hanief, Analisis Dan Implementasi Metode Item-Based Collaborative Filtering Untuk Sistem Rekomendasi Konsentrasi Di STMK Stikom Bali, J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. Janapati, Vol. 9, No. 2, Pp. 171-180, 2020.

R. H. Mondi, A. Wijayanto, & Winarno, Recommendation Sistem With Content-Based Filtering Method For Culinary Tourism In Mangan Application, Itsmart, Vol. 8, No. 2, Pp. 65-72, 2019.

Melantika, Membangun Aplikasi Rumah Makan Online, J. Inform., No. 2, Pp. 28-35, 2020.

Hayati dan Yuniarti, Inventory: Industrial Vocational E-Journal On Agroindustry, Vol. 2, No. 2, Pp. 67-72, 2021.

Ricci, Francesco, Rokach, Et.Al, Recommender Sistem Handbook, Edited By Paul. B. Kantor. Springer N. D, Vol. 5, No. 2, Pp. 56-62, 2020.

Lukas Tommy, Chandra K, dan Vivi L, Recommender Sistem Dengan Kombinasi Apriori Dan Content-Based Filtering Pada Aplikasi Pemesanan Produk, Register: Jurnal Teknoinfo, Vol. 13, No. 2. 2019.

Fiarni, C dan Maharani, H, Product Recommendation Sistem Design Using Cosine Similarity And Content-Based Filtering Methods, IJITEE (International Journal of Information Technology and Electrical Engineering), Vol. 2, No. 2, Pp. 42-48, 2019.

D. Miyadi, Membangun Sistem Informasi Pemesanan Meja Dan Makanan Berbasis Web (Studi Kasus: Rumah Makan Mbak Tuti), J. Onesismik, Vol. 3, No. 3, Pp. 218-226, 2019.

D.Sasongko Dan A.Suprapto,Evaluasi Performa Website Berdasarkan Pengujian Baban Dan Stress Menggunakan Loadimpact (Studi Kasus Website Lain Salatiga), Netw. Eng. Res. Oper., Vol. 6, No. 1, Pp. 31, 2021.

Atikah Adawiyyah dan Salamun Rohman Nudin, Penerapan Algoritma Content Based Filtering dan Frequent Pattern Growth pada Sistem Rekomendasi Program Mahasiswa Wirausaha di Universitas Negeri Surabaya), JINACS (Journal of Informatics and Computer Sci-ence), Vol. 03 No. 02, 2021. ISSN : 2686-2220.

Siti Mutrofin, et.al.,Kombinasi Tiga Algoritma Penjadwalan Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Pelanggan Pada Usaha Konveksi, Jurnal Informasi dan Teknologi, Vol. 4 No . 1 Hal: 19-24 e-ISSN: 2714-9730, 2022.

Suharno,J. J. (2018). Akhir Sistem Pemesanan Sablon Kaos Legacyhero Berbasis Web. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sabaruddin, R., et.al., Pengembangan Sistem Informasi Perusahaan Konveksi dan Sablon Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall, JUSTIAN, Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, Vol. 1(1), Hal: 21-30, 2020.