ANALISIS INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT BANK MANDIRI DENGAN MENGGUNAKAN FUNGSI PRODUKSI COBB-DOUGLAS

Mutiara Natiqoh Purwanto
Lukman Abdurrahman
Ari Fajar Santoso


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i1.3294

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peranan nilai investasi TI terhadap performansi perusahaan yang berbasis perbankan yaitu PT. Bank Mandiri. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah berasal dari laporan tahunan milik Bank Mandiri selama 15 tahun dari tahun 2006 sampai 2020. Variabel-variabel yang terdapat pada penelitan ini adalah variabel Ekuitas (K), variabel Tenaga Kerja (L) dan variabel capex TI (I). Proses pengolahan data menggunakan software SPSS dengan menggunakan metode analisis Regresi Linear Berganda dan Regresi Nonlinear dengan menerapkan metode uji asumsi klasik dan uji statistik. Setelah melakukan proses pengolahan data, hasil yang diperoleh dibandingkan dan diambil mana yang paling mendekati nilai pendapatan sebenarnya. Pada tugas akhir ini, hasil yang diambil adalah dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda, karena hasil selisih yang didapat adalah 0,04% mendekati nilai pendapatan sebenarnya. Lalu setelah itu data dianalisis menggunakan fungsi produksi Cobb Douglas, dengan melihat pada elastisitas koefesien variabel capex TI ( ) sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, hasil nilai yang didapat pada Bank Mandiri adalah sebesar 8,898. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya biaya modal TI di Bank Mandiri, karena peningkatan kinerja lebih dari 8% jika modal TI ditambah 1%. Hasil analisis fungsi produksi Cobb Douglas pada Bank Mandiri mempunyai produktivitas yang kurang dalam kurun waktu 15 tahun (2006-2020), namun jika dilihat dari kontribusi masing-masing variabel, ternyata tidak ada satu pun yang berdampak negatif terhadap Bank Mandiri. Seperti variabel ekuitas, tenaga kerja, dan capex TI. Terutama pada capex TI mempunyai nilai kontribusi paling tinggi dibandingkan dengan 2 variabel lainnya.

Keywords


Cobb Douglas; Regresi Linear Berganda; Regresi Nonlinear; Bank Mandiri; Nilai Investasi TI

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


D. Rahmawati, " Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi"Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 5, No. 1, 2012.

R. Sagban, K.R. Ku-Mahamud, M. Shahbani, "ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences" Asian Research Publishing Network (ARPN), Vol. 9, No. 12, 2014.

R. gilang jodi Putra, "Paradoks Produktivitas Teknologi Investasi Sistem Aplikasi Crm ( Studi Kasus?: Productivity Paradox of Information Technology?: Investment Analysis of Crm Application System ( Case Study?: Pt . Xyz )" tugas akhir, Jurusan Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Indonesia 2015.

T. Institute, "Booklet Informasi Transforma Institute Education Services Bulan Februari - April 2017" Transforma Business & Technology Alignment, 2017.

I.N. Alkarimah, "Analisis Evaluasi Investasi dan Produktivitas Sistem Informasi Ellipse pada Direktorat Keuangan dan Direktorat SDM & Administrasi PT. PJB Service Sidoarjo menggunakan Metode Information Economics dan Cobb Douglas" tugas akhir, Jurusan Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Indonesia 2017.

Wahyuningsih, "Analisis Fungsi Produksi Wakaf dengan Metode Cobb Douglas pada Yayasan Badan Wakaf", 2016.

A.N. Hidayah, "Analisis Fungsi Produksi Cobb Douglas Dengan Metode Iterasi Gauss Newton" Journal of Chemical Information and Modeling, Vol. 53, No. 9, 2012.

H. Daoud, T.M. Al-Fawwaz, Y. Arabyat, " The Econometrics Effect of Information Technology Investment on Financial Performance in the Jordanian Banking Sector over the Period 1993-2014" Research Journal of Finance and Accounting, Vol. 7, No. 8, 2016.

Q.E. Muftikhali, "Pengukuran Investasi SI/TI Pada Implementasi FORCA-ERP dan Pengaruh Terhadap Produktifitas Perusahaan Studi Kasus: PT XYZ" tesis magister, Dept. Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Indonesia, 2018.

F. Amalia, " Analisis Fungsi Produksi Cobb-Douglas pada Kegiatan Sektor Usaha Mikro di Lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta" Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 3, No. 1, 2014.

A.N. Alfi, Bank Mandiri Alokasikan Rp1,7 Triliun untuk Teknologi Informasi. Dipresentasikan di Bisnis.com.[Online]. Tersedia: https://finansial.bisnis.com/read/20200909/90/1289372/bank-mandiri-alokasikan-rp17-triliun-untuk-teknologi-informasi

D. Hastuti, dkk, "Analisis Produksi Cobb Douglas dengan Metode Regresi Linier Berganda pada Usaha Tani Bawang Daun (Allium Fistulosum L ) (Studi Kasus Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang)" Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, Vol. 18, No. 1, 2022.

P. Hariyani, "Implementasi Teori Produksi ModelCobb-Douglas Function Untuk Umkm Makanan Siap Saji Di Kota Medan", Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, Vol. 2, No.1, 2021.

M. Yusuf, "Analisis Efisiensi, Skala dan Elastisitas Produksi dengan Pendekatan Cobb Douglas dan Regresi Berganda", Jurnal Teknologi, Vol. 4 No.1, 2011.

G. Mardiatmoko, "Pentignya Uji Asumsi Klasik pada Analisis Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Penyusunan Persamaan Allometrik Kenari Muda [Canarium Indicum L.])", Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, Vol. 14, No. 3, 2020.

R.W Amelia, D. Sunarsi, "Pengaruh Return On Asset dan Return On Equity Terhadap Debt to Equity Ratio pada PT. Kalbe Farma, TBK", Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 4, No. 1, 2020.

W.T. Lin, " The business value of information technology as measured by technical efficiency: Evidence from country-level data", Decision Support System, Vol. 46, No. 4, 2009.