KOMPARASI LOAD BALANCING METODE PCC DAN NTH PADA MIKROTIK IMPLENTASI DI AL IRSYAD TENGARAN 7 BATU

Ahmad Zaqi Firmansah
ABD Hadi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i1.3261

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di Pesantren Al Irsyad Tengaran 7 Batu yang bertujuan untuk : menjamin layanan akses internet yang tinggi kepada Client, dan pembangunan infrastruktur sistem jaringan. Salah satu parameter penting untuk membangun infrastruktur internet yang baik adalah ketersedian bandwidth yang besar. Ketersediaan kapasitas bandwidth tidak hanya mengandalkan satu jalur backbone. Untuk itu diperlukan minimal dua jalur agar kapasitas bandwidth dapat lebih maksimal yang dapat meringankan beban trafik dan mempercepat waktu respon. Salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan sistem Load Balancing. Penelitian pengembangan ini menggunakan MikroTik, Mikrotik itu sendiri dapat dijumpai berbagai metode load balancing yang bisa kita pilih, diantaranya adalah metode NTH dan metode PCC (Per Connection Classifier). Kedua metode diatas mempunyai karakteristik yang sama, dimana keduanya mendukung penyebaran traffic data pada setiap koneksi maupun setiap paket data. Diantara kedua metode load balancing tersebut pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode mana yang mempunyai kinerja lebih baik. Ada Empat parameter pengujian yang dilakukan pada pengujian setiap metode di antarnya adalah throughput, delay, jitter dan packet loss. Adapun objek yang ada pada load balancing ini adalah Download, Upload, dan Browsing site, Pada pengujian parameter Delay Download dan Upload Metode NTH dan PCC. Pada pengujian parameter Throughput Download metode NTH dan PCC. pada ukuran data 18 MB Metode NTH lebih besar 4,6% , pada ukuran data 12 MB Metode NTH lebih besar 25.9%, pada ukuran data 6 MB metode PCC lebih besar 21,1%.

Keywords


Load Balancing; NTH; PCC; Bandwidth; Download; Upload; Browsing

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Warman, I., & Andrian, A. (2017). Analisis Kinerja Load Balancing Dua Line Koneksi DenganN Metode Nth (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Informatika Institut Teknologi Padang). Jurnal Teknoif. https://doi.org/10.21063/JTIF.2017.V5.1.56-62

Firdaus, M. I. (2017). Analisis Perbandingan Kinerja Load Balancing Metode Ecmp (Equal Cost Multi-Path) Dengan Metode Pcc (Per Connection Classifier) Pada Mikrotik Routeros. Technologia: Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.31602/tji.v8i3.1139

Malik, A., Aksara, L. F., & Yamin, M. (2017). Perbandingan Metode Simple Queues Dan Queues Tree Untuk Optimasi Manajemen Bandwidth Menggunakan Mikrotik (Studi Kasus: Pengadilan Tinggi Agama Kendari). SemanTIK.

Lubis, R. S. 2013. Analisis Quality of Service (QoS) jaringan internet di SMK Telkom Medan, (Skripsi), Fakultas Teknik. Universitas Sumatera Utara.

R TIPHON, 1999, Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON) General aspects of Quality of Service (QoS), DTR/TIPHON- 05006 (cb0010cs.PDF).

Disastra, I., (2010), Perbandingan Kinerja dan Keamanan PC Router Zebra dan Mikrotik RouterOS, Skripsi, FTI, UII, Yogyakarta.

Linto Herlambang, Moch.; Catur L, Azis, (2008), Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan Menggunakan MkroTik RouterOS, Yogyakarta: Andi Offset.

Rizaldi, H.; dkk., (2010), Qos (Quality of Service), Makalah, FST, UINSK, Yogyakarta.

MikroTik, (2008), Manual: PCC, Tersedia di http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:PCC.

Wulandari, S.; Affandi, A., (2011), Pengukuran Kinerja Layanan Jaringan Komputer Untuk Manajemen Kertersediaan, SESINDO, (p. 2), Surabaya.

Sahari, Aplikasi Load Balancing PC Mikrotik untuk Menggabungkan Dua Kecepatan Akses Internet dari Dua ISP, Jurnal KomTekInfo

Fakultas Ilmu Komputer, vol. 2, no. 1, p. 1, 2015.

A. D. Hendarto, H. Febryan dan D. G. Romadhan, Koneksi Internet Ganda Dengan Load Balancing Menggunakan Unix Mikrotik Pada PT. Marina

Buana Asia, Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2009.

M. A. Setiawan, Implementasi Load Balancing Pada Multihoaming ISP Menggunakan Meode NTH, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2013.