PENGGUNAAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCHING PADA APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB

Wafiqah Setyawati Wahyuni
Septi Andryana
Ben Rahman


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2646

Abstract


Perpustakaan Alternatif Adventure Book adalah sebuah ruang otonom dengan kegiatan meliputi; lapak buku, berpuisi, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya. Unit kegiatan yang beriskan anak-anak muda ini biasa melapak buku di Taman Honda Tebet, Jakarta Selatan. Selama kegiatan sering mengalami permasalahan dalam proses mendata buku, peminjaman buku dan juga Pengembalian buku. Pengolahan data pada manajemen pembukuan yang ada di Perpustakaan Alternatif Adventure Book masih belum secara maksimal memenuhi kebutuhan baik dalam bentuk pendataan buku, peminjaman buku dan pengembalian buku. Hal ini memungkinkan terjadinya banyak ketidakakuratan laporan yang diberikan. Tujuan perancangan aplikasi ini adalah untuk pengolahan data pada manajemen pembukuan yang ada di Perpustakaan Alternatif Adventure Book. Pada penelitian kali ini menggunakan metode Algoritma Sequential Searching sebagai pencarian data buku. Algoritma Sequential Searching merupakan Algoritma pencarian paling sederhana yaitu metode pencarian beruntun. Dalam penelitian ini Algoritma Sequential Searching digunakan untuk mencari data buku berdasarkan kode buku. Pengujian dilakukan sebanyak 25 kali proses pencarian, waktu tercepat pada saat pengujian adalah 7ms, dan waktu terlama adalah 22 ms, penggunaan database yang berbeda-beda sehingga waktu pencarian juga bervariasi, kecepatan rata-rata waktu pencarian adalah 10,64 ms


Keywords


Perpustakaan Alternatif Adventure Book , Algoritma Sequential Searching , Algortima Pencarian

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


N. Setyawati, PERANCANGAN PROGRAM PERPUSTAKAAN PADA SMK MUHAMMADIYAH 09 JAKARTA SELATAN, J. Akrab Juara, 2018, [Online]. Available: http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/206.

H. Salim, F. Marisa, and I. D. Wijaya, Aplikasi kamus istilah neurology berbasis Mobile menggunakan metode Sequential Search, JIMP-Jurnal Inform. , 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika/article/view/90.

N. Sarita, R. R. Aria, and S. Susliansyah, Perancangan Program Peminjaman Dan Pengembalian Buku Pada Perpustakaan (Studi Kasus Smp Pgri 1 Cibinong), J-SAKTI (Jurnal Sains , 2017, [Online]. Available: http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/45.

P. Wahyuningsih and N. Mustika, Sistem Informasi Lokasi Sejarah Pahlawan Sulawesi Selatan Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis Android, Electro Luceat, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.poltekstpaul.ac.id/index.php/jelekn/article/view/262.

G. Gunawan, Aplikasi kamus istilah ekonomi (inggris-indonesia) menggunakan metode Sequential Searching, Pseudocode, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode/article/download/1041/873.

N. Imamah, PERBANDINGAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH DAN ALGORITMA BINARY SEARCH PADA APLIKASI KAMUS BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN PHP , Comput. J. Inform., 2021, [Online]. Available: https://unibba.ac.id/ejournal/index.php/computing/article/view/564.

D. Puspitasari, Sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web, J. Pilar Nusa Mandiri, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/277.

N. Nurwanto, Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web dengan Mengimplementasikan Metode Sequential Search, INFORMATIKA, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.stmikdumai.ac.id/index.php/path/article/view/259.

H. Wijaya, Algoritma Sequential Searching untuk Pencarian Identitas Mahasiswa dalam Penilaian Monitoring dan Evaluasi Kuliah Kerja Nyata Tematik, Akad. J., 2021, [Online]. Available: https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/akd/article/view/160.

I. Wiguna, IMPLEMENTASI ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH PADA APLIKASI KAMUS ISTILAH INFORMATIKA, J. Syst. Inf. Kaputama, 2020, [Online]. Available: http://eprints.ummi.ac.id/1656/.

A. M. Ramadini, A. Junaidi, and ..., Perancangan Aplikasi Kamus Online Informatika-Indonesia Beserta Fungsinya Berbasis Web Menggunakan Metode Sequential Search, Indones. J. , 2021, [Online]. Available: http://journal.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/dinda/article/view/184.

R. Rizaldi, Komparasi Algoritma Sequential Searching dan Interpolation Searching Pada Studi Kasus Pencarian Data Tilang Pengadilan Negeri Samarinda, J. Rekayasa Teknol. Inf., 2020, [Online]. Available: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/INF/article/view/5104.

W. L. Yuniar and F. Amin, SISTEM PENCARIAN NASKAH DINAS DENGAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH, J. Manaj. Inform. dan , 2021, [Online]. Available: http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/misi/article/view/359.

F. Teknik and U. Muhammadiyah, Penerapan Algoritma Squential Search With Sentinel Pada Aplikasi Katalog Buku Perpustakaan, vol. 17, no. 2, pp. 1519, 2021.

A. Sonita and M. Sari, Implementasi Algoritma Sequential Searching Untuk Pencarian Nomor Surat Pada Sistem Arsip Elektronik, Pseudocode, vol. 5, no. 1, pp. 19, 2018, doi: 10.33369/pseudocode.5.1.1-9.