PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMROGRAMAN MAHASISWA MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF

Vertika Panggayuh
Yandria Elmasari


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1783

Abstract


Kemampuan pemrograman merupakan perwujudan fungsi kognitif dan kemampuan berfikir logis dalam memecahkan suatu permasalahan. Kemampuan pemrograman menjadi tuntutan untuk seseorang yang berkecimpung di dunia komputer, tidak terkecuali mahasiswa rumpun informatika.Pada mata kuliah pemrograman tentunya diperlukan logika berfikir dan harus terampil dalam memecahkan masalah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melatih logika keterampilan dalam menyelesaikan masalah yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis metakognitif. Strategi metakognitif merupakan cara untuk meningkatkan kesadaran berpikir tentang apa yang diketahui dan tidak diketahui. Dengan menggunakan strategy metakognitif maka mahasiswa akan terbantu dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untu mengetahui perbandingan kemampuan pemrograman mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi metakognitif dengan mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 52 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP PGRI Tulungagung angkatan 2019. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap hasil tes untuk melihat perbedaan rerata antara dua kelompok sampel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai rata-rata dari post test kemampuan pemrograman mahasiswa pada kelas eksperimen adalah sebesar 78,83, sedangkan hasil post test kemampuan pemrograman mahasiswa pada kelas kontrol adalah sebesar 68,67. Sehingga berdasaran data tersebut maka kemampuan pemrograman mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi metakognitif lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF

Article Metrics :