Pengembangan Usaha Mikro Dan Menengah Pada Kelompok Usaha Kripik Pare Sidoarjo Jawa Timur

Siti Cholifah
Yanik Purwanti


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/j-adimas.v6i1.677

Abstract


ABSTRAK

Kampung Pare identik dengan desa Jiken yang memiliki  banyak potensi yang bisa dikembangkan antara lain bidang pertanian dan ekonomi/wirausaha, salah satunya usaha kripik pare. Rasa pahit pare tidak lagi dirasakan setelah  diolah menjadi keripik  berganti rasa renyah enak, dan gurih.  Tujuan program PPM-UMKM  adalah membantu kelompok Usaha kripik pare di desa Jiken mendapatkan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kualitas produk kripik pare dan packaging produk yang menarik serta pemasaran kripik pare, sehingga bisa meningkatkan daya jual dan meningkatkan produksi. Dengan produksi yang meningkat bisa membuka peluang lapangan kerja serta meningkatkan ekonomi warga Jiken. Metode pendekatan  program PPM-UMKM  yang dilaksanakan adalah  analisis situasi, merumuskan permasalahan, solusi yang ditawarkan dalam mengatasi masalah, memberikan bantuan teknologi tepat guna untuk menghilangkan minyak pada kripik pare, pendampingan dalam  penggunaan teknologi tepat guna, desain pasckaging dan pemasaran kripik pare. Sehingga target luaran dari program PPM-UMKM ini adalah terciptanya usaha kripik pare yang berkualitas tahan lama dan krispi, mempunyai packaging yang menarik serta  pemasarannya bisa optimal.

 

Kata Kunci : Teknologi tepat guna, desain packaging, pemasaran, usaha keripik pare


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF (Indonesian) View : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.