WORKSHOP LOOSE PARTSFOR CREATIVE LEARNING:CHILDHOOD EDUCATION IN INDUSTRIAL REVOLUTION ERA 4.0

anik lestariningrum
itot bian raharjo
kuntjojo kuntjojo
Ayu Titis Rukmana Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i1.1601

Abstract


Pembelajaran anak usia dini terus berkembang dan mengikuti kemajuan pengetahuan dan teknologi. Sebagai pendidik PAUD diperlukan sebuah kegiatan dimana meningkatkan kompetensinya sehingga dapat menerapkan pada peserta didik sebuah konsep pembelajaran inovatif, kreatif dan juga mendukung stimulasi perkembangan anak. Konsep loose parts sebagai konsep pembelajaran kreatif menjadi salah satu focus dalam peningkatan yang ingin dicapai dalam kegiatan workshop ini. Dimana penerapan loose partsmerupakan sebuah pembelajaran menuju kerangkan abad 21 yaitu pada masa revolusi industri 4.0. Bagian mengembanlikan konsep guru kreatif menjadi sasaran dari workshop ini sehingga nantinya pendidik mengetahui potensi dilingkungan sekitarnya sebagai bahan dalam mencari sumber belajar yang lebih menarik bagi anak serta merangsang stimulasi kreativitas menjadi penemu bukan peniru. Rancangan workshop ini dilakukan dalam 4 hari dimana kegiatan dari observasi langsung di lembaga PAUD terkait pembelajaran, materi terkait konsep kreatif learning di PAUD serta praktek langsung mendesain pembelajaran dengan konsep loose parts membawa perubahan semangat pada penguasaan konsep mendalam sehingga para pendidik langsung dapat menerapkan ilmu yang diperolehnya di lembaganya masing-masing

Article Metrics :

References


Munawar, M., Roshayanti. F., & Sugiyanti. (2019). Implementation of STEAM (Science Technology Enggineering Art Mathematics)-Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. Jurnal Ceria. Vol.2. No.5. September 2019. Diakses 20 Desember 2019

Maemunah. S. (2015). Kreativitas Guru PAUD Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Bahan Alam. Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol. XXII, No.3, Oktober 2015. Diakses 20 Desember 2019

Nisa. F.T., Fajar W.Y. (2016). Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol.3, No.2. Oktober 2016. Diakses 20 Desember 2019.

Republika.CO.ID. Jakarta: Ini Modal Utama Guru PAUD di Era Milineal. https://republika.co.id/berita/pmvm1p374/ini-modal-utama-guru-paud-di-era-milineal (diposting 14 Februari 2019)