PEMBELAJARAN IPS DALAM MEMBENTUK KARAKTER GOTONG ROYONG, TOLERANSI DAN SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA

hendri budiono


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v15i1.414

Abstract


Pembelajaran IPS menjadi fondasi penting bagi pengembangan intelektual, emosional, kultural, dan sosial peserta didik,. Banyaknya masalah sosial tersebut boleh jadi disebabkan dianggap remehnya pendidikan IPS. Dengan penelitian kualitatif metode studi kasus dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menjawab pentanyaan fokus yaitu : Bagaimana pembelajaran, membentuk karakter gotong royong, toleransi, sikap cinta tanah air dalam pembelajaran IPS siswa di SDN 03 Rejoangung. Hasil wawancara yang diperoleh dalam mengimplementasikan pendidikan karakter didalam kelas VI SDN 3 Rejoagung. Proses mengintegrasikan pendidikan karakter gotong royong, toleransi dan cinta tanah air dengan mata pelajaran pelajaran IPS sehingga nantinya guru lebih mudah dalam mengintegrasikan kedalam materi yang akan diajarkandan juga dalam mengimplementasikannya kepeserta didik yang ada didalam kelas, memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam RPP sehingga menjadi satu kesatuan yang nantinya peserta didik bisa membentuk sikap sosial dalam proses pembelajaran IPS yang berlangsung didalam kelas VI SDN 3 Rejoagung.


Article Metrics :

References


Basri, Yusmar, dkk. 1997. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama untuk Siswa Kelas 1. Jakarta: Balai Pustaka.

Basuki, S. (2011). Pembentukan Karakter Melalui Modifikasi Permainan Dalam Pembelajaran Pedidikan Jasmani. Jurnal ILARA, 2(1), 63–69.

Jati, G. S. (2015). Meningkatkan Toleransi Siswa Kelas VII SMP Neger 1 Islam Melalui Penerapan strategi DAP ( DevelopmentallyAppropriate Pratice) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Skripsi (pp. 1–165).