PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI)

Amelia Tsabitah Hidayat
Siti Nurul Hidayati


DOI: https://doi.org/10.29100/.v6i1.4378

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan literasi sains siswa dengan berbantuan LKPD berorientasi Socio Scientific Issues (SSI). Literasi sains pada penelitian ini adalah yang berpedoman pada PISA dengan mengambil satu domain literasi sains yakni kompetensi literasi sains yang meliputi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan secara ilmiah, dan menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design menggunakan one group pre-test, post-test. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa UPT SMP Negeri 5 Gresik. Data diperoleh dengan metode tes kemudian dianalisis secara deskripsi kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan literasi sains akan menggunakan N-Gain. Hasil dari peningkatan kemampuan literasi sains siswa pada kategori sedang sebesar 42% dan pada kategori tinggi sebesar 58%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan berbantuan LKPD berorientasi SSI dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.


Keywords


literasi sains; socio scientific issues

Article Metrics :

References


Angraini, G. (2014). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Sma Kelas X Di Kota Solok. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014, 161–170.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H.

H. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education. In McGraw-Hill Higher Education (11th ed., Issue 0). McGraw Hill LLC.

Hake, R. R. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(1), 1–14.

Hidayati, S. N., Fauziah, A. N. M., & Subekti, H. (2019). The Effect of Socio-scientific Issues Assisted of Virtual Learning to Improve Digital Literacy of Student. August. https://doi.org/10.2991/icesshum- 19.2019.37

Istiqomah, S. N., Sari, M. I., & Liliawati,

W. (2016). Literasi Sains Siswa Kelas 9 SMP Kota Bandung Pada Konteks Sumber Daya Alam. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM (pp. 387–393).

Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022).

Penerapan Pendekatan Socio- Scientific Issues Berbantuan E-Lkpd Pada Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 313–319.

Khoirul Arief, M. (2015). Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran Ipa Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Edusentris,2(2),166.https://doi.org/10.17509/edusentris.v2 i2.169

Latip, A., Rahmaniar, A., Nuraini, N. L., & Intan, A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pada Aspek Kompetensi Sains dalam Perkuliahan Pengenalan Kimia Fisika. Pancasakti Science Education Journal, 8(9), 4–11.

Mudawamah, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Socio-scientific issues (SSI). Science Education and Application Journal, 2(2), 52.

https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.254 Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019).

Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio- Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1),8–16. https:// doi.org/10.21107/nser.v2i1.41 62

Novili, W. I., Utari, S., Saepuzaman, D., & Karim, S. (2017). Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian embelajaran Fisika, 8(1), 57–63. https:// doi.org/10.26877/jp2f.v8i1.13 38

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD.

Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini,

R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio- Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1),8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1. p8-14

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156.https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.881 4

Sarigoz, O. (2012). Assessment of the High School Students’ Critical Thinking Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5315–

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012. 06.430

Slavin, R. E. (2018). Educational psychology. In Psychological Bulletin (Twelfth, Vol. 25, Issue 7). https://doi.org/10.1037/h0074121

Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor. 8(1), 66–73.